Kisah Kehidupan Jiraiya – Mulai Dari Mata Menggatal Hingga Menganggap Dirinya Shinobi Yang Gagal

Mari Bagikan !!! ^_^

Ketika artikel ini ditulis, saya baru saja nonton ulang anime naruto shippuden terutama arc naruto vs pain dari episode 152 – 176.

Dimana menurut saya, arc ini menurut saya salah satu yang terbaik di seri naruto.

Tapi bukan jalan ceritanya yang mau saya bahas dalam artikel kali ini,atau menyinggung tentang naruto atau pain nya.

Tapi yang mau saya bahas adalah kisah tentang jiraiya, dimana pemicu saya untuk menuliskan kisah jiraiya ya karena pertarungan naruto vs pain ( nagato ) hingga pembicaraan empat mata mereka tidak terlepas dari jiraiya, karena keduanya adalah murid dari sannin legendaris berambut putih itu.

Satu hal yang membuat saya tergugah untuk membahas tentang jiraiya ini, karena diakhir hayatnya jiraiya menganggap dirinya sebagai shinobi yang gagal.

Tentu kita yang menjadi salah satu fans nya akan merasa tertegun dan memberikan sebuah lontaran pertanyaan seperti ini:

Bagaimana bisa seorang sannin legendaris dari konoha, Sekaligus pertapa katak dari gunung myobokuzan yang bisa menguasai sage mode menganggap dirinya sendiri gagal ?

faktanya sendiri ia dianggap ninja legendaris yang diakui dunia shinobi. Dan saya sendiri yakin jiraiya merupakan shinobi terkuat konoha di era kepemimpinan tsunade dan orang nomor 2 paling disegani setelah hokage ( era tsunade ).

Bahkan tetua konoha, para jounin senior, chuunin hingga ketua klan yang ada di konoha menaruh hormat kepadanya sebagai salah satu sannin legendaris.

Lantas apa yang menyebabkan jiraiya menganggap dirinya sendiri gagal sebagai seorang shinobi.

Oke, sepertinya akan kita terangkan dari dasar dulu ketika petapa genit ini masih menjadi genin, berikut keterangan nya dimulai dari:

jiraiya saat genin

Jiraiya Genin

Inilah kisah awal karakter satu ini, dimana ia setim dengan tsunade dan orochimaru, mereka dilatih langsung oleh hiruzen sarutobi kebagai ketua tim.

Dimana saat latihan memperebutkan lonceng, jiraiya kalah dan harus terikat.

Dan disinilah moment kedekatan jiraiya dan hiruzen sejenak hubungan guru dan murid.

Disini jiraiya belajar dalam banyak hal. Salah satunya ketika ia secara tak sengaja datang ke gunung myobokuzan dan melakukan kontrak dengan tetua katak.

Inilah awal mula jiraiya belajar mode sage dibawah bimbingan langsung tetua fukasaku. Ia membagi latihan di gunung myoboku dan latihan di desa.

Jiraiya sewaktu chuunin

Jiraiya Chunin

Pada masa-masa ini, jiraiya masih aktif latihan di gunung myoboku hingga akhirnya ramalan mengenai takdir jiraiya akan masa depan nya telah tiba pada waktunya.

Dalam ramalan tetua katak, jiraiya akan menjadi orang yang genit dan suka main perempuan apalagi suka ngintip.

Namun ramalan lain yang tak kalah penting, jiraiya akan menjadi ninja hebat hingga pada saatnya ia memiliki beberapa murid.

Dimana muridnya ini ada 2 orang yang masuk dalam ramalan, yang pertama murid yang akan membawa jalan kehancuran dunia shinobi.

Dimana jiraiya akan membimbing muridnya ini untuk mengendalikan kekuatan yang besar untuk jalan kebenaran.

Dan murid kedua murid yang akan membawa perdamaian dan perubahan besar-besaran terhadap dunia shinobi, dimana peran nya mampu menghentikan semua peperangan dan kehancuran dunia shinobi saat ini.

Lalu sang tetua juga meramalkan, kalau jiraiya akan menjadi pengembara dan menulis buku, dan salah satu bukunya akan mampu mengubah dunia.

Setelah mendapat ramalan ini, jiraiya pun mulai melakukan pengembaraan ke penjuru negeri shinobi, hingga ia pun menyaksikan kekacauan antar desa hingga antar negara karena peperangan.

Disini jiraiya terus mencari mengenai takdirnya.

Artikel Lainya:  Ini dia! 15 alasan mengapa Shingeki no kyojin begitu terkenal hingga kini versi admin

Dan yang menjadi pertanyaan, jiraiya masih muda, terutama di masa chuunin tetapi bisa keliling keluar desa.

Tentu menurut saya ia sudah memiliki izin khusus untuk hal ini, atau ia telah menceritakan ramalan takdirnya kepada gurunya hiruzen alias sandaime hokage.

Entahlah soalnya saya tidak menemukan soal pembicaraan jiraiya akan mendidik murid yang mengubah nasib dunia shinobi kepada hokage ketiga.

Walaupun tidak ada moment di animenya, saya yakin jiraiya terbuka terhadap ramalan nya ini kepada hiruzen. Apalagi ini nasib dunia sedang dipertaruhkan.

Jiraiya sewaktu jounin

Jiraiya Jounin

di masa ini, perang dunia ninja kedua sudah pecah

tampaknya jiraiya, tsunade dan orochimaru mendapat kepercayaan oleh hokage dan tetua desa untuk terjun perang ke amegakure ( atau mungkin mereka yang memimpin perang, entahlah ).

Di perang inilah, pada bagian puncak, ketiganya sangat kewalahan menghadapi hanzo si salamander.

Dan mereka dibiarkan hidup oleh pemimpin amegakure tersebut. Ketiganya mendapatkan gelar sannin legendaris juga dari hanzo karena telah berhasil memojokan salah satu ninja yang kuat dikala itu.

Ketika ketiganya hendak pulang ke konoha

Ada 3 anak yatim piatu mengikuti dan menghalangi mereka pulang.

Mereka adalah yahiko, nagato, dan konan.

Mereka ingin mendapatkan seorang guru untuk belajar ninjutsu demi melanjutkan hidup di desa hujan yang keras tersebut.

Perdebatan panjang terjadi, hingga akhirnya jiraiya yang memutuskan untuk melatih mereka dan menyuruh tsunade dan orochimaru untuk kembali ke konoha tanpa dia.

Awalnya jiraiya melatih mereka hanya sekedar untuk bisa bertahan hidup sendiri.

Hingga pada suatu kesempatan, jiraiya melihat sendiri kalau nagato ternyata memiliki mata rinnegan yang diyakini mata tersebut sama dengan mata leluhur dewa shinobi yaitu rikudou sennin.

Sejak itu ia mengubah pandangan terhadap ketiganya, karena sejak itu ia menaruh harapan besar kepada nagato bahwa mungkin saja dia akan menjadi murid yang akan mengubah dunia shinobi berakhir dengan penuh perdamaian.

Apalagi ketiganya murid pertama bagi jiraiya, dan karena itu jiraiya meyakini kalau mungkin saja nagato di masa depan menjadi anak yang diramalkan itu.

Dan di masa-masa inilah jiraiya menciptakan karya bukunya yang berjudul “kisah ninja yang gagah“, dimana kisahnya terinspirasi dari nagato, dan nama karakter utamanya adalah naruto, ia dapat ide itu ketika sedang makan ramen dan melihat naruto ( kue ikan ) dijadikan nama karakter utama novelnya.

jiraiya dan nagato

Namun sayang, rumor mengenai buku ini katanya gagal dipasaran, tapi buku inilah yang mampu mengubah takdir dunia shinobi.

Setelah 3 tahun nagato, yahiko dan konan telah berlatih dengan sang guru.

Akhirnya jiraiya memutuskan untuk pulang ke konoha dengan berat meninggalkan ketiganya.

Jiraiya setelah kembali ke konoha

Di masa-masa ini, jiraiya masih dihadapkan oleh perang dunia ninja ke-3 belum usai.

Namun karena peran para sannin inilah  konoha meraih kemenangan dalam perang.

Setelah moment ini ia menjadikan minato sebagai murid keduanya.

Disisi lain jiraiya mendengar kabar angin kalau muridnya di amegakure  telah tewas dalam peperangan.

Dan disinilah tampaknya jiraiya menaruh perhatian kepada minato, mungkin saja ialah anak yang dimaksudkan dalam ramalan, apalagi minato berhasil jadi hokage keempat.

Jiraiya Dan Minato

Tetapi kekacauan terjadi akibat kyuubi terlepas, dan kekacauan itu tampaknya menjadi takdir besar, dimana minato mempercayai kalau anaknya yang baru lahir adalah anak yang ada dalam ramalan jiraiya sensei. jika minato berfikiran demikian, maka jiraiya sudah menceritakan akan takdirnya kepada minato.

Artikel Lainya:  Setidaknya, Ada 13 Anime Yang Memperlihatkan Mobil Mewah Di Dalamnya

Namun tampaknya keyakinan minato ini gak sampai ke jiraiya, karena sannin ini memiliki keyakinan kalau naruto dijadikan jinchuuriki oleh ayahnya untuk menjaga keseimbangan bijuu di dunia shinobi. bukan sebagai anak yang diramalkan membawa perdamaian.

Dan kunci segel yang ditinggalkan kepada gamatora dimaksudnkan untuk dapat mengendalikan kyuubi.

Perjalanan jiraiya berlanjut.

Karena kematian minato, tampaknya harapan nya kepada muridnya dari konoha itu sebagai anak dalam ramalan telah pupus.

Disini pilihan jiraiya yang ia yakini antara masih percaya dengan nagato masih hidup, dan sembari mengembara untuk menemukan murid lain.

Dan di masa-masa inilah jiraiya setengah kehidupan dari pengembaraan nya ia curahkan untuk menulis novel dan ia publikasikan.

Dan di masa ini juga jiraiya menghabiskan masa pada perkara yang mesum.

Jiraiya setelah bertemu naruto

Jiraiya dan Naruto

Tanpa terasa, 13 tahun setelah serangan kyuubi, jiraiya kembali ke konoha. Dan disinilah ia bertemu pertama kali dengan naruto.

Saya meyakini pertemuan itu bukanlah tanpa alasan, karena selanjutnya naruto diberikan izin kontrak memanggil para katak petarung dari gunung myobokuzan.

Dan ia juga mengajarkan kuchiyose no jutsu kepada naruto.

Serangan invansi orochimaru.

Tampaknya pada saat serangan orochimaru, jiraiya sedang diluar desa, dan ia kembali ke konoha untuk membantu para jonin lain dalam mengatasi kekacauan desa.

Namun ia terlambat datang jika niatnya ingin menyelamatkan hiruzen alias gurunya.

Kematian hokage ketiga

Ketika upacara kematian hokage ketiga dilakukan diatas atap kantor hokage. Jiraiya sengaja tak datang dan memilih mengunjungi tempat pelatihan genin memperebutkan lonceng. kalau gak salah disebelahnya ada tugu pahlawan konoha . Di depan tugu ada kakashi dan kekasihnya hayate termasuk anggota anbu.

Tim Hiruzen

Disinilah jiraiya mengenang tim hiruzen ketika latihan memperebutkan lonceng dan pembicaraan singkat dengan sang guru.

  Perjalanan Naruto dan jiraiya untuk menemukan tsunade

kursi hokage sedang kosong, dan agar stabilitas konoha tetap aman,  dan untuk melindungi dari serangan desa hingga negara lain.

Maka dalam keputusan tersebut tetua konoha langsung menunjuk jiraiya sebagai kandidat utama hokage kelima.

Namun, untuk ketiga kalinya jiraiya menolak kursi hokage dan merekomendasikan teman setim nya, tsunade untuk menjadi hokage selanjutnya.

Dalam perjalanan tersebut, jiraiya bersama naruto melakukan perjalanan bersama.

Setelah mencari akhirnya kedua orang ini bertemu sang dewa judi tersebut, namun sayangnya pertemuan kedua sannin legendaris ini berujung alot, hingga penolakan.

Disini naruto diajarkan jutsu rasengan.

Setelah pertarungan ketiga sannin cukup panjang, akhirnya tsunade menerima tawaran kursi hokage kelima.

Dan singkat, setelah usaha pengejaran sasuke gagal, jiraiya memutuskan mengajak naruto untuk mengembara keluar desa sekaligus latihan selama kurang lebih 3 tahun.

Kisah jiraiya di naruto shippuden

Setelah latihan keras naruto dengan jiraiya diluar desa lebih dari 2 tahun, dan setelah ia menyerahkan pengawasan naruto terhadap kakashi, jiraiya sebagai pengembara melanjutkan perjalanan nya untuk memata-matai pergerakan nya akatsuki.

Dimana sewaktu latihan, tampaknya usaha jiraiya mengendalikan kyuubi belum berhasil, dan usaha pengembaraan kali ini ia akan mengamati pergerakan akatsuki dan mencari ketuanya.

Dan informasi berupa rumor pun memberitahu kalau ketua akatsuki berada di amegakure.

Sebagai desa yang tertutup terhadap dunia luar. Jiraiya membicarakan hal ini dan sempat mendapat penolakan dari tsunade.

Namun perkataan nya mampu meyakinkan sang hokage, dimana ia seorang mata-mata akan melakukan misi demi kepentingan desa.

Penyusupan jiraiya ke amegakure

Dan tampaknya kedatangan jiraiya ke amegakure kali ini merupakan perjalanan terakhir sang sannin ini.

Artikel Lainya:  Adegan Pertarungan Yang Paling Memorable Di Anime Naruto

Dimana penyusupan nya tidak sesuai rencana hingga gagal ditengah jalan.

Hal yang mengecewakan baginya setelah jiraiya mengetahui kalau ketiga muridnya ternyata menjadi ketua akatsuki dan pain adalah anggota mereka.

Dimana muridnya telah tersesat dalam hal mengartikan sebuah perdamaian dan usaha untuk mewujudkan nya.

Mengingat kekuatan musuh tidak seimbang, sebenarnya jiraiya dikala itu memilih mundur karena kekuatan rinnegan mustahil dikalahkan dia seorang.

Namun desakan musuh sangat kuat hingga perlawanan sengit sempat terjadi.perlawanan untuk meloloskan diri.

namun karena kekuatan musuh sangat misterius, disini jelas jiraiya telah kalah telak. Yang bisa dia lakukan hanyalah memberikan informasi yang telah ia dapat untuk dikirim ke konoha.

Disaat terakhir inilah ia akhirnya baru menyadari kalau naruto adalah muridnya yang akan membimbing dunia pada jalur kebenaran.

Dan nagato merupakan murid yang telah diramalkan membawa kehancuran.

Akhirnya ia mengerti mengapa minato menjadikan anaknya sebagai jinchuuriki dan meninggalkan segelnya.

Dimana yondaime meyakini naruto anak dalam ramalan, dan tampaknya jiraiya percaya disaat akhir hayatnya.

Menurut saya, sebelum jiraiya bertemu nagato, mungkin saja jiraiya menganggap kalau naruto adalah murid pembawa kehancuran  karena memiliki kekuatan kyuubi sang penghancur penuh kebencian.

Namun tentu ia tidak akan mempermasalahkan hal itu, karena ia ingin melakukan yang terbaik terhadap sang murid.

 Menganggap Dirinya Shinobi Yang Gagal

Di akhir hidupnya inilah. Ia menyadari kehidupan nya diawal, dan menganggap dirinya gagal.

Dimana ia gagal mendapatkan hati teman nya sendiri, gagal membawa kembali teman nya yang kabur dari konoha.

Dan jiraiya menghapus keinginan nya untuk membawa pulang orochimaru.

Dengan kasus yang sama, naruto tak pernah putus asa untuk membawa pulang sasuke ke konoha, dan memilih jadi orang bodoh namun peduli dengan teman.

Antara iri dan malu, tampaknya jiraiya telah kalah dengan tekad naruto dalam hal menilai teman dan memperlakukan sahabat satu tim, dimana naruto gak pernah menarik kata-katanya setelah berjanji dengan sakura untuk membawa pulang sasuke.

Disisi lain naruto telah bertekad untuk membawa pulang sasuke karena keinginan dalam hatinya sebagai teman setim.

Lalu jiraiya juga menganggap gagal untuk melindungi murid dan gurunya.

Dalam kasus ini, tampaknya jiraiya menyesal tidak berada di konoha disaat serangan kyuubi yang menewaskan minato sebagai salah satu korban nya.

Dan ketika invansi orochimaru ke konoha, dimana jiraiya terlambat datang menolong gurunya, padahal saat itu ia tidak terlalu jauh dari di desa.

Dengan berbagai kegagalan-kegagalan seorang sannin dari konoha sekaligus petapa katak dari gunung myobokuzan ini, tampaknya jiraiya telah menyerahkan tentang perdamaian dunia shinobi kepada naruto diakhir hidupnya.

Karena ia yakin, naruto lah anak yang telah diramalkan membawa perdamaian dunia shinobi yang telah dinantikan kehadiran nya selama ini.

Kematian Jiraiya

Penutup

Jadi inilah riwayat hidup mengenain sannin legendaris jiraiya, dimana sebagian besar saya mencari informasinya dari melihat kisah jiraiya dari kecil hingga akhir hidupnya.

Lalu spekulasi hingga tebakan saya diatas hanyalah sekedar pendapat saya pribadi semata, jika ada kekeliruan mohon tegur sapan dari teman-pembaca semuanya.

dan sebagai konfirmasi kisah jiraiya ini murni semua saya tulis sendiri, apabila kisahnya mirip dengan konten diluar maka itu bukanlah sebuah kesengajaan.


Sebagai tambahan terakhir, baca juga daftar sountrack anime naruto shippuden, dijamin dapat dijadikan rekomendasi dikala gabut ini bernostalgia dengan animenya. ^_^


 

Mari Bagikan !!! ^_^