Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Spirit anime ID

Penyemangat Teman-Pembaca Nonton Anime Melalui Review

25 Rekomendasi Anime Bertema Musim Semi Terbaik Penuh Moment Perubahan Di Dalamnya
List anime

25 Rekomendasi Anime Bertema Musim Semi Terbaik Penuh Moment Perubahan Di Dalamnya

dibilang penting, sebenarnya gak sih, tapi entah mengapa saya tergerak untuk membuat rekomendasi anime dan buat listnya sesuai judul diatas. yah inilah daftar anime bertema musim semi terbaik yang berhasil mimin kumpulkan.

dimana teman-pembaca dan saya sendiri juga tau, kalau biasanya banyak sekali anime genre school-romance itu memulai ceritanya pada musim semi, dengan ciri khas utama kelopak bunga sakura berguguran sebagai buktinya.

namun bukan hanya kedua genre itu saja, namun anime dengan genre lainya tidak sedikit yang memulai kisahnya ketika memasuki musim semi ketika hari memulai tahun ajaran sekolah baru di jepang.

menandakan naik di kelas yang baru, bahkan adan yang berganti suasana pindah ke ruangan dan berbaur dengan teman yang berbeda, baik naik rangking kelas atau turun.

dan yang lebih penting, musim semi dalam cerita sebuah anime merupakan kekuatan karakter utamanya untuk “memulai kehidupan baru” atau bisa dikatakan “moment perubahan” yang besar mempengaruhi kehidupan para MC ke depan nya.

dan kehidupan baru mereka semakin berarti semenjak para tokoh utama mengenal dengan si “dia” ( ini berlaku untuk anime romance yah )

penasaran, lanjut ke list nya langsung dibawah:

01.shigatsu wa kimi no uso

Shigatsu Wa Kimi No Uso Cherry Blossom

musim spring yang dikisahkan dalam anime ini memang sangat-sangat berpengaruh dalam cerita, dan mampu membangun moment-moment yang tak terlupakan, mulai dari awal pertemuan, saling mengenal dan saling dekat.

itulah yang dirasakan oleh arima kousei semenjak bertemu dengan miyazono kaori untuk pertama kalinya di taman dikala musim semi.

satu hari yang mengawali perubahan besar dalam hidup arima yang telah lama mati suri, karena gadis tersebutlah, sekali lagi arima bangkit dari keterpurukan nya di dunia musik yang sempat kelam di masa lalu.

dan di musim semi pula, arima mendapatkan moment tak terlupakan tentang “kebohongan di bulan april”

02.nerawareta gakuen

Nerawareta gakuen Cherry Blossom

mempesona, dengan menjual kualitas grafis yang luar biasa dengan nuansa merah muda dimana-mana, bunga sakura terus berguguran , cinta kian bersemi, dan tahun ajaran baru kini dimulai kembali.

semuanya tentang seki kenji dan teman masa kecilnya suzuura natsuki, dikala mereka masuk ke sekolah setelah libur lama, hadirnya kahori, orang spesial yang dalam perhatian kenji, dan murid baru kyougoku ryouichi bergabung dengan kehidupan mereka bertiga dengan akrabnya.

dengan banyaknya melalui berbagai hal janggal yang menimpa satu sekolah.dan beberapa kejadian aneh yang menimpa para siswa sekolah tersebut, nerawareta gakuen mendekati bagian akhir memperlihatkan sisi romantis yang terkesan tanpa kejelasan lebih lanjut dan mengarah ke open ending namun cerita bagian akhir ditutup dengan begitu epic nya.

03.tsuki ga kirei

tsuki Ga kirei Cherry Blossom

bertema anak smp, tsuki ga kirei menyuguhkan sebuah cerita romansa awal benih-benih cinta tumbuh dan berkembang sejalan dengan saling mengenal. azumi kotarou dan mizuno akane yang awalnya sekolah di tempat yang sama memulai kelas baru belum saling mengenal hingga kelas 3 smp.

namun suatu moment mempertemukan nya menjadi pertemuan takdir yang mengikat keduanya, yah mereka bertemu di tempat yang gak biasa. yakni restoran keluarga, ketika kedua orangtua mereka menikmati makan malam diluar rumah, malah anaknya saling berpapasan.

04.tada-kun wa koi wo shinai

Tada Kun Koi Wa Shinai

dikala sosok pemuda tampan dengan kamera yang dipegang selalu berada dipundaknya, saat ia baru saja kelas 2 SMA dikala musim semi pada waktu itu.

secara tak terduga gadis berambut blonde lewat begitu saja dalam jepretan foto pemuda yang diketahui namanya ialah tada mitsuyoshi .

lalu berbicara mengenai gadis yang gak sengaja bertemu dengan tada yang terpesona dengan bunga sakura yang indahnya tertiup angin berguguran, ia adalah teresa wagner.

usut punya usut, ternyata teresa merupakan gadis berkebangsaan larsenburg bersama rekan nya alexandra magritte yang memulai musim semi saat kelas 2 SMA nya di sekolah yang sama dengan tada mitsuyoshi.

dan keduanya semakin akrab dengan yang lainya ketika teresa mulai bergabung ke dalam klub fotografi.

05.golden time

Golden Time Cherry Blossom

ketika sosok pemuda tada banri yang bermasalah dengan ingatan masa lalunya, ingin melangkah maju dengan memulai kehidupan baru serta berkarakter baru pula.

ia memulainya dengan masuk ke universitas fukurai kota tokyo dikala musim semi pada waktu itu. di hari pertamanya ia tidak beruntung dan malah tersesat mengikuti orang yang ia kira akan menuju ke gedung aula utama,tempat dimana acara penyambutan para mahasiswa baru.

sisi baiknya, banri mulai mengenal dengan yanagisawa mitsuo ,dan tak selang berapa lama. munculah gadis anggun membawa seikat besar bunga mawar yang telah dibuang durinya menggampar mitsuo, ia adalah kaga kouko yang diketahui menggebet mati-matian mitsuo.

namun moment pertemuan pertama banri dengan kouko di musim semi saat itu, telah membuka hatinya semakin meyakinkan diri untuk seterusnya menjalani hidup dan mencari cinta sejati, dan kini ia telah menemukan target dan berusaha menggapainya.

06.sakurasou no pet na kanojo

Sakurasou No Pet Na Kanojo Cherry Blossom

salah satu moment yang tak terlupakan dalam anime ini ketika pertemuan pertama kali antara main character dengan sang heroine yang identik di musim semi

Artikel Lainya:  Rekomendasi Anime Summer 2017 Dari Anmey21

yah saat itu chihiro sengoku selaku guru yang mengawasi para murid di asrama sakurasou , ia memerintahkan kanda sorata menjemput keponakan perempuan nya dari inggris sedang menunggu di stasiun.

setelah tiba, kanda sorata terpesona dengan sosok gadis yang akan dijemputnya, diketahui namanya ialah mashiro shiina dengan ciri khas rambut kuning dengan wajah polosnya menunggu di bawah pohon sakura yang berguguran dengan indahnya.

07.isshuukan friends

Isshuukan Friends Cherry Blossom

kalau anime berjudul ishuukan friends kali ini, moment pertama yang saya ingat ketika awal tahun ajaran sekolah sosok cowok bernama yuuki hase memberanikan mengajukan diri sebagai teman kepada fujimiya kaori, yang saat itu gadis tersebut terkenal penyendiri dan tidak memiliki teman.

dengan mudahnya kaori menolaknya tanpa memberikan sebuah alasan yang jelas.

hal ini membuat hase mencari tau apa yang sudah terjadi, perlahan namun pasti. kedekatan nya dengan kaori akhirnya memberikan ia sebuah jawaban mengapa kaori menolak berteman dengan siapapun.

hal ini karena ingatan kaori hanya mampu bertahan selama seminggu dan saat senin pagi ingatan nya mengenai teman-temanya akan menghilang, keculali keluarganya sendiri.

namun hal itu tak membuat seorang yuuki hase mundur mengenai keadaan kaori, justru sebaliknya ia ingin tetap ada di samping kaori dikala lupa dan berusaha memulihkan ingatan nya kembali yang bermasalah sedari kecil.

08.Nisekoi

Nisekoi Cherry Blossom

kebayang gak sih, ketika awal tahun pelajaran sekolah di jepang, yang umumnya moment untuk melakukan perubahan diri dikalangan usia SMA hingga anak kuliahan untuk menjadi lebih baik, namun bagi seorang ichijou raku hal itu justru sebaliknya.

dimana awalnya raku yang ingin memulai kehidupan di bangku kelas 2 SMA dengan hal yang baru, namun semua kacau ketika sosok gadis jatuh menimpanya ketika pertama kali masuk sekolah.

ditambah lagi gadis tersebut menghilangkan liontin berharga raku, belum cukup sampai disitu, raku juga dipaksa untuk berpacaran selama 3 tahun dan menikah kepada gadis yang sama.

yah dialah chitoge kirisaki, anak seorang bos mafia dari amerika yang melakukan invansi ke kota tempat tinggal raku, dimana raku sendiri merupakan anak seorang ketua yakuza, dan semua berawal ketika yakuza dan para mafia bertarung dan berpotensi menghancurkan kota.

sebagai jalur perdamaian, ayah raku dan ayahnya chitoge setuju kalau kedua anaknya dijodohkan agar yakuza dan mafia dapat berdamai dengan menyatunya tuan muda dan nona muda menjadi sepasang kekasih.

anime yang cocok untuk teman-pembaca yang ingin merasakan moment musim semi di jepang yang sesungguhnya.

09.ore monogatari

Ore Monogatari Cherry Blossom

menjadi sosok orang baik dan menolong siapapun yang membutuhkan merupakan sifat seorang gouda takeo, sosok cowok dengan postur tubuh mirip kingkong, dijauhin para cewek namun digandrungin oleh para cowok sekelasnya.

lalu ore monogatari memulai kisahnya ketika gouda takeo memulai kehidupan nya di masa-masa bangku SMA, dikala ia dan rekan dekatnya sunakawa makoto. takeo melihat aksi pelecehan seksual kepada seorang gadis di dalam gerbong kereta.

dengan sigapnya takeo membekuk orang tersebut secara berlebihan, akibatnya ia diskors selama 2 minggu.

namun karena perbuatan nya, ia akhirnya mengenal gadis yang ia tolong, diketahui namanya adalah yamato rinko, siswi dari salah satu sekolah khusus putri. namun tanpa sadar kekaguman nya dengan takeo sebagai sosok yang menyelamatkan nya,berbunga menjadi rasa cinta.

bisa dikatakan, ore monogatari merupakan kisah romansa seorang cowok yang secara penampilan begitu kurang, namun beruntungnya ia dicintai seorang gadis cantik dan menjadi pacarnya.

salah satu anime yang “ampuh” membuat para jones semakin iri tak tertahankan hingga buat serangan jantung bagi yang jomblo di umur tua.

10.saenai heroine no sodatekata

Saenai Heroine No Sodate Kata Cherry Blossom

sebenarnya apa sih keunggulan anime romance school bertema harem dan comedy yang satu ini?

bisa dikatakan yang pertama karena para karakter heroine nya memang saya akui sungguh menggoda, dimana setiap moment antara MC dengan setiap heroine nya bukanlah hal perkara yang sia-sia, justru sebaliknya ketika moment bersama salah satu heroine lalu ke heroine lainya.

ceritanya malah membangun sebuah ciri khas untuk tingkat anime setipe romance – harem, membuat saenai heroine no sodatekata memiliki nuansa yang berbeda dengan anime school, romance, comedy, harem sejenis.

dimana fokus ceritanya tentang tomoya aki, seorang otaku akut terpicu untuk membuat sebuah game bertema visual novel atau galge genre romance ( bingung yang benar mana sih ) , namun terkendala karena ia belum memiliki sebuah tim.

disaat itulah ia mengumpulkan orang-orang terdekatnya, teman masa kecil, kenalan satu kelasnya, hingga seorang kakak kelas yang diketahui membuat sebuah novel.

dan dimulailah petualangan tomoya berkarya mengembangkan game buatan nya, dan ia menunjuk sosok katou megumi yang menginspirasi, sebagai heroine dalam game nya.

11.kokoro connect

Kokoro Connect Cherry Blossom

berawal dari sebuah kegiatan klub sekolah yang biasa-biasa saja, berujung menjadi sebuah tragedi yang membuat sebuah drama luar biasa.

yah inilah klub perkembangan gaya budaya (PGB) didalam anime kokoro connect, sebuah klub yang biasa-biasa saja dimana kegiatan mereka semacam menjadi seorang relawan dan meneliti sebuah budaya yang berkembang seiring berjalan nya zaman ( kalau salah soal ini mohon ditegur yah ).

Artikel Lainya:  11 Daftar anime bertema pengulangan maupun penjelajahan waktu

yang terlibat di PGB yaitu Yaegashi taichi, Nagase Iori, Inaba Himeko, Kiriyama Yui dan Aoki Yoshifumi.

namun hari-hari damai mereka berubah semenjak kedatangan roh aneh yang mengaku namanya adalah “pria Gunung”.

dengan memberikan sebuah keterangan yang akan menimpa kejadian buruk kelimanya, pria gunung tersebut selalu datang beberapa kali menguji mereka dengan berbagai tragedi aneh.

karena kokoro connect ini termasuk anime lawas, dari segi kemiripan antara gabungan kiznaiver dan seishun buta yarou wa bunny girl senpai no yume wo minai serta dari segi psychological mirip selector/lostorage WIXOSS series.

jika teman-pembaca gak percaya coba saja, dan buktikan apakah perkataan saya diatas benar atau tidak.

dan tentunya yang membekas dalam kokoro connect karena ceritanya dimulai musim semi, tentu feel nya lebih berkesan.

12.hyouka

Hyouka Cherry Blossom

semua ini berkisah tentang anak cowok SMA yang punya sifat pemalas dan gak mau membuang energinya untuk keperluan yang gak penting.

sosok Oreki Houtarou yang sedikit pesimis dan sedikit bicara itu,mendapat amanat dari kakaknya untuk menjadi anggota klub sastra dimana kakaknya dulu juga bergabung di klub yang sama ketika ia masih di bangku SMA.

ketika ia pertama kali ke rungan klub tersebut, ia disambut oleh chitanda eru yang telah bergabung duluan.

kalau boleh saya jelaskan, sebenarnya hyouka ini merupakan anime school mystery yang menarik untuk teman-pembaca tonton.  apalagi yang suka anime sejenis haruchika.

dan yang membuat anime ini berkesan karena endingnya saat di musim semi yang memukau dan tentunya sulit dilupakan.

13.kimi ni todoke

Kimi Ni Todoke Cherry Blossom

ini kisahnya tentang Kuronuma sawako untuk pertama kalinya pergi sekolah ke SMA barunya tahun ajaran pertama di musim semi.

ketika ia berada di pertigaan simpang, sawako bertemu dengan sosok cowok keren bernama kazehaya shouta, yang saat itu kebingungan,mencari sekolah SMA barunya.

sawako pun membantunya menunjukkan SMA yang sama karena keduanya menggunakan seragam yang sama. dan tak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada sawako.

semenjak pertemuan di pertigaan itu, baik sawako maupun kazehaya merasakan hal baru yang sebelumnya tak pernah dirasakan. seperti dunia masa muda masing-masing dimulai.

salah satu yang membuat anime ini sangat berkesan bertema di musim semi karene kali pertama mereka bertemu di pertigaan ketika di bawah pohon sakura yang sedang berguguran, yang kelihatan nya sepele namun sangat membekas di hati.

14.byousoku 5 centimeter

Byousoku 5 Centimeter Cherry Blossom

wahh, kalau ini apa mesti saya jelaskan mengapa byousoku 5 centimeter berteme musim semi ? karena ada kaitan nya dengan ending animenya yang sangat-sangat membekas di hati.

banyak yang menilai endingnya sedih. apakah demikian… tapi menurut mimin lebih tepatnya open ending.

selain musim semi, 5 cm per second juga identik dengan musim dingin yang menjadi moment pertemuan 2 insan yang menjalin kasih beda ruang dan waktu.

dan juga musim panas dimana si MC mengenal seorang heroine lainya dalam cerita.

15.koi kaze

Koi Kaze Cherry Blossom

pria berumur 27 tahun bernama saeki koushirou, baru saja diputuskan pacarnya karena sudah tidak ada kecocokan diantara keduanya.

dikala ia sedang patah hati. secara gak sengaja ia bertemu dengan kohinata nanoka. sosok anak kelas 1 SMA. ketika saat itu koushirou sedang tak enak hati. nanoka mengajaknya bermain di wahana duffan.

dan semenjak itu sekali lagi koushirou membuka hatinya karena gadis tersebut menarik hatinya sebagai wanita. namun sayangnya moment indah itu hancur seketika.

setelah ayahnya koushirou memberitahu kalau nanoha merupakan adik kandungnya koushirou yang telah berpisah selama 12 tahun, yang selama ini ikut dengan ibunya.

dan semenjak di bangku SMA ini, nanoha akan tinggal bersama ayahnya dan kakaknya.

16.masamune-kun no revenge

Cherry Blossom

melakukan latihan fisik dengan keras, inilah yang dilakukan oleh masamune makabe dari sejak kecil hingga SMA, dulu ia memiliki tubuh gendut di masa kecil. namun kini berubah drastis menjadi sosok cowok bertubuh tegap dan berotot.

semua usaha dan latihan ini ia tujukan untuk membalas dendam kepada gadis yang dulu pernah sesaat menjadi teman nya, namun karena diejek terus-terusan ia merasa sakit hati dan ingin balas dendam, bahkan keseriusan nya hingga masamune mengganti namanya sendiri.

gadis yang menjadi target balas dendamnya adalah adagaki aki, ia mengincar sekolah SMA yang sama dimana adagaki akan sekolah, namun sepertinya usaha masamune tidak berjalan dengan mulus karena sikapnya yang angkuh membuat pertahanan nya sulit ditembus.

17.koe no katachi

Koe No Katachi Cherry Blossom

salah satu moment yang tak terlupakan dalam anime movie koe no katachi ialah ketika 2 karakter utamanya, nishimiya shouko dan ishida shouya memberi makan ikan koi dengan roti di sebuah sungai kecil saat bunga sakura berguguran di musim semi.

dimana koe no katachi bertema musim semi sangat berpengaruh besar dalam ceritanya, dan sepertinya saya tak perlu memberikan sinopsisnya lagi. karena saya yakin teman-pembaca sudah banyak yang nonton anime ini.

Artikel Lainya:  31 Rekomendasi Anime Terdapat Kasus Bully Di Dalamnya Dijamin Buat Hati Semakin Panas

namun secara garis besar koe no katachi merupakan salah satu anime bertema pembullyan terbaik, dijamin siapa saja yang nonton hatinya akan semakin panas melihatnya.

18.CLANNAD

CLANNAD Cherry Blossom

menjadi berandalan sekolah dan dicap sampah oleh seisi sekolah, hal ini dirasakan oleh okazaki tomoya hingga ia masuk ke ajaran tahun baru kelas 3.

namun semuanya berubah ketika tomoya bertemu dengan nagisa furukawa di pintu masuk gerbang sekolah ketika hari pertama tomoya sudah di kelas 3, moment dikala bunga sakura berguguran.

lalu karena tak tega, dimana nagisa memiliki masalah dengan klub sastranya yang tidak ada anggota selain dirinya, jika hal itu berlanjut maka klub tersebut terpaksa dibubarkan.

hal ini menarik rasa simpati tomoya berusaha merekrut anggota lain agar mau bergabung ke klub tersebut.

19.Minami Kamakura Koukou Joshi Jitenshabu

Minami Kamakura Jitensha Bu Cherry Blossom

anime sports + slice of life ini mungkin bisa dijadikan pilihan untuk teman-pembaca tonton karena selain ceritanya ringan dan tanpa drama romansa yang berat.

juga ceritanya mengisahkan tentang sekumpulan anak cewek sekolah yang memulai melirik ketertarikan nya kepada sepeda, dan mereka pun akhirnya membentuk klub sepeda dikala musim semi tiba.

mulai dari belajar memilih sepeda yang tepat, hingga ikut turnamen serta touring menggunakan sepeda di tempat yang jauh.

20.fuuka

Fuuka Cherry Blossom

kalau dilirik dari bagaimana kesan pertama perkenalan karakter utama cowok dan heroine ceweknya, mungkin anime ini terkesan mainstream banget, namun fuuka memperlihatkan sebuah kehidupan anak remaja yang saling berinteraksi dan mencari persamaan dengan musik.

mulai dari mencari hal yang ingin dilakukan di masa depan, hingga jatuh bangun dalam membangun sebuah band musik, fuuka dasarnya bertema musim semi ketika kedua karakter nya saling bertemu.

jika teman-pembaca suka anime bertema musik, maka anime satu ini memang layak ditonton.

21.kareshi kanojo no jijou

Kareshi Kanojo No Jijou Cherry Blossom

salah satu anime lawas, yang membuat saya gak lupa dari anime ini ketika si Mc ketemu dengan heroine nya di bawah pohon sakura yang berguguran bunga nya, disanalah arima soichiro merasa tercuri hatinya oleh pesona miyazawa yukino yang anggun.

mereka sama-sama kelas A, terlebih miyazawa merupakan cewek idola kelas dan menjadi murid teladan, namun sayangnya semua hanya pencitraan, dan akhirnya arima pun tau latar belakangnya si miyazawa, namun karena hal ini keduanya pun menjalin hubungan.

22.kimi to boku

Kimi To Boku Cherry Blossom

4 cowok remaja memulai kehidupan sekolah di bangku SMA kelas 2 pada tahun ajaran baru yang bertepatan dengan musim semi.  mereka adalah matsuoka shun, tsukahara kaname, asaba yuuki dan asaba yuuta.

di hari pertama masuk sekolah, mereka kehadiran murid pindahan baru dari amerika,yang namanya tachibana chizuru, dan karena suatu hal menyangkut masa lalu chizuru dengan asaba yuuta/yuuki, tanpa diundang, chizuru pun seakan menjadi bagian dari kelompok 4 orang tersebut.

23.kyoukai no kanata movie: mirai hen

Kyoukai No Kanata Mirai Hen Cherry Blossom

khusus untuk movienya, kyoukai no kanata: mirai hen dengan jelas memperlihatkan moment musim semi yang tak terlupakan dalam anime ini, apalagi cerita di dalamnya penuh konflik di dalamnya.

dimana masalah utamanya tentang ingatan mirai kuriyama yang bermasalah, dan ia melupakan kenangan yang telah ia ukir bersama kanbara akihito bersama teman-teman.

namun endingnya menurut saya yang sulit dilupakan karena berakhir happy end.

24.sousei no omyouji

Sousei No Omyouji Cherry Blossom

gadis jatuh dari langit, mungkin inilah kesan pertama saya menilai anime ini karena perkenalan rokuro enmado dan benio adashino yang secara gak sengaja saling bertemu di pinggir sungai.

ketidak akuran pun terjadi, apalagi perdebatan kerapkali sering terjadi, namun karena hubungan ini, malah memperkuat hubungan keduanya untuk semakin intens.

ditambah mereka memiliki ikatan penting dari dunia para pembasmi iblis, yakni keduanya merupakan bintang kembar.

25.flying witch

Flying Witch

lalu yang satu ini juga gak terlupakan moment musim seminya, terlebih ketika kowata makoto dan sanak keluarganya jalan-jalan ke taman dan ketika mereka berada di jembatan diperlihatkan sebuah kuil indah lengkap bersama pohon sakura bewarna merah muda dimana bunga nya sedang berguguran.

flying witch adalah anime bertema sihir yang mengisahkan tentang kowata makoto yang mulai musim semi akan tinggal bersama paman nya di sebuah desa, dimana ia akan tinggal disana untuk mempelajari beberapa sihir.

Penutup

YUP, jadi inilah rekomendasi anime bertema musim semi ( spring ) terbaik yang berhasil mimin kumpulkan, kalau dituruti, sebenarnya banyak lagi, tapi daftar anime diatas sudah saya filter dan tentunya yang terbaik versi saya.

saya yakin. 80 persen dari daftar anime diatas sudah pada teman-pembaca tonton, tapi kira-kira masih ingat tidak moment-moment dalam kisahnya yang tak terlupakan. termasuk moment ketika musim seminya diperlihatkan.

karena menurut saya pribadi, mengingat moment-moment yang tak terlupakan dalam animenya,buat kita akan sulit untuk melupakan ceritanya apabila seseorang menyebut judulnya dan menanyakan seperti apa ceritanya. ^_^

Hanya Seorang Pemuda Biasa Yang Kebetulan Suka Nonton Anime ^_^