Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Review Anime Movie Kaguya Hime No Monogatari – Burung Dalam Sangkar

 

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]

Mari Bagikan !!! ^_^

Ketika berbicara tentang serba ajaib, buat memukau, penuh fantasi, terhanyut dalam imajinasi, tak masuk akal karena tidak logis di dalam sebuah anime.

Maka hal itu tak terlepas dari studio ghibli. Dimana studio legendaris satu ini, sudah terkenal soal realita, fantasy, imajinasi dan sisi ketidak logisan nya.

Dengan berjudul kaguya hime no monogatari, salah satu karya sutradara bertangan dingin isao takahata di tahun 2013 lalu.

Menggabungkan sebuah cerita legenda rakyat jepang dengan desain grafis tak ubahnya lukisan atau coretan kapur yang dianimasikan.

tentu kaguya hime no monogatari memimiliki ciri karakteristik serta nilai artistik tersendiri dari karya ghibli lainya.

Apalagi, anime movie ini di dalamnya sekilas memperlihatkan gulungan lukisan jepang yang disebut “emaki” . Sebuah animasi legenda kuno jepang berupa gulungan yang sudah ada di abad ke 12.

Jadi negeri satu ini sejarah animasinya sudah sangat panjang.

Dan bisa saya katakan,kayuga hime no monogatari merupakan replika dari “lukisan gulung atau emaki” yang lebih hidup dan kekinian serta dihadirkan dalam dalam bentuk layar lebar (film).

namun nilai sejarahnya tidak luntur dengan perkembangan zaman.

Untuk memahami kata diatas, teman-pembaca akan sedikit memahaminya ketika nonton anime movie ini secara langsung.

Kaguya hime no monogatari diambil kisahnya dari mitologi jepang tentang kisah seorang pria paruh baya pemotong bambu.

Sesuatu hal yang tidak dipercayai pria tersebut menjadi kenyataan dalam hidupnya.

Dimana ia melihat sebatang bambu penuh kilauan dan seakan menjadi berkah, ia menemukan “peri kecil” yang berubah pesat menjadi orok.

Lalu berkah tak hentinya datang setelah menemukan anak bayi yang mereka beri nama kaguya. Dimana pak tua tersebut menemukan barang-barang berharga.

Artikel Lainya:  Hai to Gensou no Grimgar Review ( Winters 2016) " Kerja Keras Untuk Bisa Bertahan Hidup"

Dengan mengatasnamakan kebahagian putri cilik mereka, pak tua pemotong bambu tersebut memperbaiki kesejahteraan hidupnya secara drastis namun telah direncanakan agar menjadi sebuah “kejutan”.

Tapi kejutan mendadak itu, bagi kaguya merupakan sebuah kekeliruan mengenai penafsiran arti kebahagiaan yang sesungguhnya.

Dimana, bagi kaguya . Bahagia itu sederhana, tidak sempurna, bersama-sama, dan dapat memandang “seseorang yang penting dan menginspirasi”.

Namun semuanya kebahagian kecil  yang menenangkan bagi kaguya, harus terputus dengan alasan yang sulit dijelaskan.

2 pilihan yang dihadapinya, dimana salah satu pilihan lebih mendominasi, membuatnya harus mengikuti alur kehidupan yang telah dipilihkan oleh orangtuanya. Atas nama kebaikan dan masa depan yang cerah.

Hmm, ketika mendengar kata kebaikan dan masa depan yang lebih cerah. 2 kata ini lebih tepatnya diperuntukkan untuk anak yang dikekang memilih kebebasan untuk menentukan jalan hidupnya sendiri.

Untuk teman-pembaca yang mengalami kekangan masa depan oleh orangtua. Saya yakin akan memahami keadaan kaguya dalam film ini secara total.

Dimana kebebasan memilih jalan hidup merupakan harga mahal untuk setiap orang, yang tentunya tidak dapat ditebus dengan materi.

perubahan hidup kaguya dengan kesejahteraan lebih baik dan taraf hidup cukup mumpuni.Seakan menjadi gerbang awal dilema kehidupan kaguya lebih rumit dan cepat pasang surutnya.

Kalau saya umpamakan, kaguya harus hidup layaknya anak dari keluarga yang ningrat, dimana nilai-nilai kebangsawan telah dijunjung tinggi.

Dan ayahnya sendiri yang mengekang keras pentingnya hidup bergaya kelas atas atau dan berbaur diantara keluaga dengan status sosial yang sama.

Bisa saya katakan, kalau anime movie ini juga menyinggung tentang status sosial seseorang bisa berubah drastis dan memperlihatkan cara hidupnya.

Kaguya hime no monogatari kisahnya tak terbatas itu saja, karena ada beragam drama kehidupan yang cukup memilukan dan miris dari anime movie ini. Dan salah satunya mengenai usaha perjodohan.

Artikel Lainya:  Violet Evergarden Review ( Winter 2018) | Mencari Arti Kata Cinta |

Setelah saya nonton film ini, saya sadar kalau posisi kaguya berada di posisi tersudutkan dan sulit keluar dari zona sempit.

Disisi lain, kaguya sangat hormat dengan kedua orangtuanya, dan merasa bersalah jika sampai mengecewakan.

Namun, disisi lainya kaguya merasa frustasi dengan keputusan sang ayah atas sayembara perjodohan nya jelas terbalik dari kata hatinya sendiri.

Dengan kedua keadaan tersebut, kaguya seakan mencari celah jalan keluar dari masalah yang mengepungnya.

Dengan meminta syarat pernikahan yang mustahil dan terkesan tidak masuk akal.

Namun dibalik rasa lega yang dihadapi kaguya karena terlepas dari kejaran para bangsawan, namun disisi lain.

anime movie ini juga memperlihatkan rasa cemas kaguya hingga super panik gadis tersebut dengan usaha pembuktian orang-orang yang “mengejarnya”.

Dimana semua syarat yang dilontarkan kaguya, agar tidak ada yang mendekatinya, dan apabila yang berhasil membawa barang bukti tersebut.

Tentu kaguya sangat panik jika “jebakan” nya malah kembali ke dirinya sendiri.

Lalu, soal endingnya. Bisa saya katakan secara garis besar tentang : PENYESALAN.

Dimana keputusan kaguya yang tidak tahan dengan keadaan hidupnya tak ubahnya “burung dalam sangkar” . Kaguya telah mengubah takdir.

Dan kelihatan yang paling menyesal disini adalah orangtuanya, dimana mereka yang memilihkan jalan . Ternyata bukan kehidupan yang sesuai dengan kaguya sendiri.

Jadi kesimpulan nya, kaguya hime bisa dikatakan animasi jepang yang cukup sederhana dalam menyampaikan isi ceritanya, apalagi ini diadaptasi dari mitolog jepang di zaman kuno. Tentu ceritanya secara garis besar memang pernah ada alias kisah nyata.

Walaupun demikan, ceritanya cukup menguras emosional dan mampu mengundang air mata penonton nya karena penutup dari anime movie ini, bukanlah cerita dengan akhir yang bahagia.

Artikel Lainya:  Review Anime Movie Tenki No Ko | Bernostalgia Penuh Kenangan

Walaupun secara keseluruhan anime ini berada di alur cerita drama yang memilukan hati.

Namun pada beberapa bagian, kaguya yang sudah tau hidupnya tak ubahya bagaikan burung dalam sangkar, namun ia tak terlarut dalam keadaan.

Dan mencari dunianya sendiri serta mencari kebahagiaan kecil dalam sangkarnya sendiri. Namun semua semakin memuncak ketika kebahagiaan kecilnya juga telah dirampas dan telah rusak.

Lalu, Berbicara mitologi jepang tentang kaguya hime no monogatari dalam sebuah animasi.

Mendadak mengingatkan saya dengan dongeng lokal kita kisah tentang timun mas.

Walaupun pada bagian awalnya memiliki sedikit kemiripan, tapi saya yakin secara keseluruhan. Tentu akan terasa sangat berbeda.  ^_^ .

Mari Bagikan !!! ^_^

 

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]