Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Review Anime Movie Kimi No Nawa | Tentang waktu,ingatan dan tindakan yang mampu mengubah segalanya

[ kehidupan yang biasa-biasa saja yang dialami seorang wanita pedesaan yang jenuh dengan kehidupan sehari-harinya,menjadi sorotan orang banyak,yang selalu aktif menjaga dan melestarikan kebudayaan yang diwariskan nenek nya.

ia ingin segera meninggalkan kehidupan yang dianggapnya membosankan itu dengan cara pergi ke sebuah kota besar.

Di samping itu,ada juga kisah seorang cowok yang masih SMA,.hidupnya terkesan biasa saja,tinggal bersama ayahnya di tengah keramaian kota tokyo.sembari bekerja paruh waktu di sebuah restoran.

Namun,kehidupan mereka berubah drastis karena sebuah kejadian ‘aneh’ yang dialami mereka berdua.
Semua kisah tersebut,terangkum dalam anime movie KIMI NO NAWA ]

Cukup memberikan kesan tersendiri,karena anime movie satu ini yang mampu mendorong saya untuk pergi ke bioskop pada tanggal 07 desember 2016 lalu,dan berniat membuat review setelahnya.

saya juga dibuat penasaran seperti apa ceritanya,mengingat kimi no nawa menjadi anime movie paling sukses penjualan nya,belum lagi anime movie satu ini melejit meninggalkan pesaing nya meraih top #1 di myanimelist.net ( ketika artikel ini ditulis ) ,WOW sungguh luar biasa sekali.

review kali ini juga akan membuktikan kepada saya sebagai penulis apakah rating kimi no nawa itu overrated atau tidak.

Mungkin saja teman-pembaca sudah nonton anime movie ini,dan mungkin juga ada yang belum,tapi tenang saja,saya akan berusaha menjaga kerahasiaan cerita (tidak spoiler) agar yang belum nonton merasa nyaman dan aman dengan review saya.

Kimi no nawa tayang perdana pada tanggal 26 agustus 2016 di negara asalnya,Jepang

.

Anime movie satu ini menjadi perbincangan hangat dan paling banyak dibahas dalam dunia anime pada musim summer hingga fall 2016

Sinopsis

Kimi no nawa bercerita tentang kedua remaja yang tidak saling mengenal dan saling tatap mata sebelumnya,namun karena kejadian ‘aneh’ sejenis mimpi,

mampu membuat mereka perlahan mengenal kepribadian dan kehidupan sehari-hari satu sama lain,namun karena hal itu juga kehidupan sehari-hari mereka yang sebelum nya yang normal,menjadi kacau berantakan.

Tapi seiring berjalan nya waktu,kekacauan yang mereka lakukan perlahan dapat teratasi dengan membuat beberapa peraturan,hal yang belum pernah mereka rasakan sebelum nya.

kini mereka jalani,kedua remaja tersebut adalah mitsuha yang Tinggal di pedesaan itomori,dan taki yang tinggal di kota metropolitan tokyo.

Artikel Lainya:  Review sword art online:ordinal scale

Bagaimanakah kelanjutan nya,
Kisah mereka kian menarik, dan kiranya kimi no nawa membuat geleng-geleng kepala karena ceritanya diluar perkiraan saya.

Review

Mari akan saya bahas dulu judulnya,anime movie karya terbaru makoto shinkai ini berjudul kimi no nawa (your name),judulnya seakan mengarahkan nya langsung ke para penonton nya,karena judulnya yang menarik ini banyak yang tertarik.

singkat tapi judulnya terasa padat,banyak hal dirangkum dalam judulnya,saya merasakan setelah nonton,judul nya sangat berkesan banget di hati,karena judul nya your name atau ‘siapa namamu’.

Dalam arti bahasa indonesia,saya langsung berpikir bahwa anime movie ini tentang ingatan,karena mereka berdua akan saling menanyakan ‘siapa namamu’ satu sama lain,dan hal ini diulang beberapa kali.

selain tentang ingatan,saya tidak dapat memprediksikan nya sama sekali,saya kira ceritanya ringan dan romance nya seperti kebanyakan anime movie lainya,namun tidak demikian.

Ceritanya sulit dijelaskan oleh kata-kata karena menurut saya story di beberapa scene berjalan cepat dan kebanyakan berjalan sedang,sepanjang film nya,sangat minim suasana hening.

hal itu karena cerita seperti ditarik ulur dan dimajukan beberapa kali,kalaupun ada moment suasana hening,rasanya tidak tepat ceritanya untuk santai-santai,karena di scene itu juga ada beberapa keadaan genting,.

dan keadaan tersebut mampu membuat hati saya berdebar dengan rasa penasaran,tindakan apa yang akan diambil oleh karakter utama untuk ‘mengubah segala nya’.

hingga akhir film saya dibayangi oleh perasaan tersebut,apakah yang mereka
usahakan akan berhasil.

STORY 9,3/10

Perkembangan story yang epic,perkembangan ceritanya cukup pesat terutama di pertengahan menuju akhir,latar tempat cerita tidak hanya fokus pada pedesaan itomori tempat tinggal mitsuha saja,

juga memuat daerah tempat tinggal taki di kota metropolitan tokyo,dari awal hingga akhir,jalan cerita kimi no nawa mampu di dramatisir dengan baik,hanya saja.

untuk beberapa scene,ceritanya berjalan cepat,jadi terkadang ada beberapa scene rasanya masih kurang paham dengan  dialog,maupun monolog.

Kimi no nawa juga menyajikan komedi yang ringan sebagai relasi bagi yang menyaksikan.

Beberapa adegan bahkan buat saya rasanya penasaran sendiri,karena anime movie satu itu bukan hanya soal kisah romantis saja,banyak aspek lainya dimuat.

Artikel Lainya:  Review Noragami Aragoto [Season 2] | Meningkat dalam segala hal

yang tak kalah pentingnya,yaitu kebudayaan,hubungan keluarga,pertemanan,dan sosial dengan masyarakat sekitar,sudut pandang tersebut memang paling banyak diperlihatkan di dalam kehidupan mitsuha.

karena berbagai alasan dia merasa jenuh dengan tempat tinggalnya.jadi tak heran jika kehidupan mitsuha akan ada flashback nya dan jadi diprioritaskan,

Agar story berjalan mulus,juga dimuat kehidupan taki bersama ayahnya.

memang untuk cerita kehidupan taki tidak diperlihatkan seperti apa masa lalunya,paling tidak.kisahnya di kimi no nawa juga diperlihatkan,seperti tempat kerja,kehidupan sekolah,dan hubungan teman sekelasnya.

ART 9,6/10

Kualitas grafik jangan ditanya lagi,anime movie memang diatas rata-rata kalau soal art.namun kalau soal selera saya,rasanya kimi no nawa hanya kalah satu langkah saja (kalau yang ini murni selera saya) dengan salah satu anime movie karya makoto shinkai lainya yaitu kumou no muko yakusoku no basho.

dan neraweta gakuen.

Dari art nya,saya sudah dapat melihat ciri khas anime movie karya makoto shinkai.

yakni mengambil sudut kota-kota besar di dalam cerita secara mendetail,dan ciri khas untuk rata-rata anime movie yaitu keramaian orang-orang berlalu lalang  di trotoar.

begitu detail dan seperti film sungguhan.

Hal ini sulit dijumpai di dalam anime tv serial,yang terkesan dibuat sepi.walaupun latar ceritanya berada di kota besar,yah mungkin hal ini dilakukan agar menekan cost produksi mereka.

jikalau dibuat demikian,mungkin pengerjaan nya akan memakan waktu lama

Kimi no nawa juga menampilkan pemandangan yang sangat indah.

begitu natural,pewarnaan tajam,siapapun yang melihatnya saya yakin akan terpesona.

Yang terakhir,film satu ini juga memuat kebudayaan jepang yang belum pernah saya lihat dalam anime-anime yang sudah saya tonton sebelum nya.

begitu kental kebudayaan nya,yah itu mungkin karena neneknya mitsuha dan yotsuba adalah seorang penjaga ahli kuil.

VOICE ACTRESS 9/10

Suara mereka berdua cocok sebagai duet romance,tachibana taki diisi suara oleh,
Kamiki ryunosuke,seiyuu satu ini mampu beradaptasi dengan baik sesuai peran yang diemban nya,.

Mitsuha miyamizu diisi suara oleh kamishiraishi mone,suaranya untuk mitsuha terasa girly banget,ciri khas suara cewek yang penyayang dan perhatian oleh orang sekitarnya.

MUSIC 9,2/10

Music di dalam kimi no nawa sebenarnya ada beberapa lagu,diantaranya untuk background dalam movie nya.jadi saya akan bahas opening&ending music nya saja,
.

Artikel Lainya:  Review Bokura Ga Ita | Kisah Romansa penuh Drama Dilema didalamnya.

Opening music dengan judul Yume Tourou by RADWIMPS,saya merasakan nuansa nya shounen banget,tapi ini untuk opening kimi no nawa juga terasa romance nya.

lagu ini juga ada rasa-rasa seinen nya,jadi lebih tepatnya lagu yume tourou ini mengisahkan tachibana taki sebagai seorang remaja cowok.

Ending music dengan judul nandemonaiya by RADWIMPS.

musik nya menenangkan hati dan telingaa.karena menggunakan tempo yang lambat-sedang,sungguh menyentuh hati.saya yakin teman-pembaca akan suka lagu satu ini.

CHARACTER 9,1/10

Kimi no nawa memfokuskan pendalaman karakter kepada mitsuha dan taki,karakter teman -teman mereka terlihat sebagai pendukung.

Karakter dalam film ini mampu dibangun dengan baik,juga sifat para karakter memiliki perasaan saling melindungi.

GENRE 9,1/10

Untuk genre,diatas tertulis Supernatural,Drama,Romance,School,

supernatural menjadi hal yang menarik dan  mendebarkan di kimi no nawa,

Drama menurut saya selalu terasa dari awal film hingga akhir.

tergantung feel nonton masing-masing,karena drama yang disajikan diawal sekedar kehidupan sekolah,l

Lambat laun drama nya semakin dalam,dan karena inilah drama nya sangat saya sukai.

Lalu dengan genre romance,menurut saya ini romance anti-mainstream banget,gambaran nya “jauh dimata,namun dekat di hati” .l

Karena romance yang ada di kimi no nawa itu hadir secara gak langsung,jadi teman-pembaca harus nonton full movie baru paham mengapa ini movie begitu romance.

Genre school juga menambah kesan menarik,dimana para karakter utama menggunakan waktu sekolah untuk sekedar curhat dengan teman,dan berinteraksi sebagai teman di sekolah.

Ada beberapa yang tidak dimuat namun hal tersebut ada di dalam kimi no nawa,yaitu adventure dan comedy,

Saya katakan adventure ada karena anime ini story nya maju mundur,menggunakan unsur waktu,ingatan dan tindakan untuk mengubah sesuatu yang besar.

Kalau untuk komedi,kimi no nawa menghadirkan komedi yang ringan dengan kelucuan yang tidak dilebih-lebihkan.

OVERALL 9,21/10

 

Penutup

Inilah akhir review saya,semoga dapat membantu,saya saranin untuk segera nonton karena romance  nya anti-mainstream banget,saya ucapkan terima kasih dan selamat menonton ^_^

 

   

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]