Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Review Anime Movie Kimi Ni Suizou Wo Tabetai | Lebih Menekankan Jalan Daripada Tujuan

 

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]

Mari Bagikan !!! ^_^

Tidak biasa-biasanya saya menulis sebuah review dengan deskripsi diatas, jika teman-pembaca biasanya sering menyimak artikel review terbaru dari saya, tentu setelah kelanjutan judul Review anime selalu saya beri beberapa kalimat deskripsi singkat yang menggambarkan anime tersebut secara keseluruhan.

Namun sepertinya kali ini tidak berlaku untuk Anime Movie Kimi No Suizou Wo Tabetai, dimana kali ini saya memberikan sebuah deskripsi dari sudut pandang eksekusi ceritanya sendiri.

tentu ini beralasan. bisa dikatakan. saya tidak menemukan kata-kata deskripsi yang tepat untuk menggambarkan yang sebenarnya seperti apa sih yang dikisahkan dalam kimi no suizou wo tabetai.

namun menemukan point pentingnya dengan kalimat “lebih menekankan jalan daripada tujuan”.

dan satu poin lagi yang tak kalah pentingnya, sepertinya anime movie ini lebih memprioritaskan sebuah proses cerita daripada hasil cerita itu sendiri.

Sinopsis:

bermula ketika di rumah sakit, shiga haruki yang saat itu sedang mengantri untuk melakukan cek setelah operasi usus buntu.secara tak terduga melihat sebuah buku yang jatuh di kursi antrian.

ketika ia mengambilnya, secara tak sengaja ia membaca isi buku tersebut yang merupakan sebuah buku harian, yang beberapa isi catatan nya mengenai sebuah penyakit pankreas yang memvonis kehidupan seseorang dalam beberapa waktu ke depan.

tanpa disangka, buku tersebut ternyata milik Yamauchi sakura teman sekelasnya sendiri, karena haruki merupakan orang yang tidak memiliki teman dan hampir tak pernah berkomunikasi dengan rekan kelasnya sendiri.

awalnya ia tak mengenal sakura sama sekali. di sisi lain, ketika sakura menanyakan tanggapan haruki tentang penyakitnya, cowok tersebut menganggapnya biasa saja.

namun bagi sakura hal itu merupakan hal yang menggelikan, karena sakura yang telah divonis mengenai penyakitnya, namun ada orang yang menganggapnya tak perduli.

karena perbincangan singkat tersebut, sakura membuat permintaan di saat-saat terakhirnya untuk menghabiskan waktu menikmati hidup bersama shiga haruki.

walaupun cowok tersebut awalnya gak perduli, namun entah mengapa ia juga tidak bisa menolak permintaan gadis yang malang tersebut.

First Impression: Kejutan diperlihatkan diawal

entah apa yang dipikirkan oleh sutradara dalam mengemas ceritanya, dimana detik-detik awal sudah diperlihatkan kejutan terbesarnya, buat kita bakalan tau hasil endingnya seperti apa. dan cerinya sendiri memang lebih menekankan jalan menuju kejutan tersebut.

karena hal inilah saya memberi judul deskripsi diatas dengan kata ” lebih menekankan Jalan daripada Tujuan “.

apa mungkin hanya saya saja yang beranggapan seperti ini, kalau Kimi No Suizou Wo tabetai itu mirip dengan anime Movie HAL dari segi cerita yang menyuguhkan kejutan terbesarnya diawal cerita.

Artikel Lainya:  Review Anime little busters! refrain | Waktu Yang Terhenti Hingga keretakan Hubungan Rekan sejati

lalu cerita sama-sama menekankan sebuah proses berjalan nya waktu menuju peristiwa besar tersebut, namun menariknya dengan berbagai hal yang di dramatisir , kita yang nonton akan berfikir kalau endingnya persis dengan proses ceritanya di pertengahan.

namun dengan menariknya, justru yang terjadi malah sebaliknya, ada suatu hal yang membuat apa yang diperkirakan penonton nya akan “meleset” tebakan nya.

dan tentu siapapun dibuat greget pada moment “trap” ini, karena ceritanya mampu mengecoh siapa saja.

jujur, untuk anime movie HAL, sukses mampu buat saya terkejut bukan main, namun ketika nonton Kimi no Suizou wo Tabetai, hal tersebut tidak terjadi karena kesalahan fatal membaca sebuah komentar yang isinya spoiler keras tentang anime movie ini.

sebuah kata-kata yang tidak bertanggung jawab yang mampu membunuh feel saya. karena sudah ketebak apa yang bakal terjadi ke depan nya.

lupakan sejenak kesialan saya yang sudah “menginjak ranjau” tentang anime movie ini.

cerita dimulai dengan datar.

Review Anime Movie Kimi No Suizou Wo Tabetai

fokus ke awal cerita, dimana pada moment keduanya bertemu untuk pertama kalinya di rumah sakit, apalagi anime ini memulai ceritanya ketika di musim semi, dan teman-pembaca yang sudah membaca artikel saya sebelumnya tentang daftar anime bertema musim semi.

disana dengan jelas saya katakan, kalau musim semi dalam anime merupakan moment perubahan bagi karakter utamanya untuk melakukan yang terbaik ke depan nya. atau lebih ringkasnya memulai lembar kehidupan baru.

apalagi ketika bertemu pertama kali dengan heroine hatinya dalam cerita, makin tambah memotivasi karakter utama cowoknya untuk berubah lebih baik.

namun sayangnya hal ini tidak ditemukan di kimi no suizou wo tabetai, dimana kesan pertamanya apa yang terjadi oleh shiga haruki memang hanya datar-datar saja. tidak terinspirasi pandangan pertamanya dengan teman sekelas nya sakura.

ia pun tidak memperdulikan sakura yang padahal saat itu mulai tertarik dengan kepribadian nya, padahal teman sekelasnya sendiri menganggapnya orang yang membosankan dan sulit diajak berkomunikasi.

Proses Jauh lebih penting daripada hasil.

Review Anime Movie Kimi No Suizou Wo Tabetai

sudah saya singgung diatas sebelumnya, namun kali ini akan saya jelaskan secara luas.

memang saya katakan kalau haruki awalnya tidak menaruh ketertarikan dengan hadirnya sakura dalam kehidupan remajanya.

namun tanpa sadar, seakan haruki telah tertarik ke dalam kehidupan sakura yang jauh lebih dalam , dan sakura sendiri memang berkenan melakukan hal demikian karena ia beranggapan kalau shiga haruki merupakan pribadi yang menarik.

ia memilih orang yang cocok dihatinya untuk menemani hari-hari terakhirnya, dan ia berusaha yang terbaik mengisi dengan moment-moment menyenangkan yang tentunya tak terlupakan.

dan sekali lagi pertanyaan, mengapa harus shiga haruki yang terpilih dari sekian banyak orang terdekatnya. ?

Artikel Lainya:  Review Anime AIR - Tentang gadis bersayap di langit

bisa juga dikatakan takdir, namun dari pengakuan sakura sendiri, diam-diam dia sudah memperhatikan cowok pendiam di sekolah tersebut sejak lama. dan hanya menunggu moment yang tepat untuk bertatap muka untuk pertama kalinya.

ketika cerita hubungan keduanya semakin intens ke bagian intinya, baik sadar atau enggak, si haruki tampaknya mulai tertarik dan sedikit memperhatikan apa yang dilakukan oleh sakura.

hal ini berkembang hingga rasa khawatirnya dengan apa yang akan dirasakan sakura ke depan nya, hal ini menyangkut takdir sakura yang akan terjadi dengan penyakit pankreas nya.

namun, apa yang bisa dilakukan seorang anak cowok SMA yang maniak novel tersebut,untuk meringankan beban seorang gadis yang terkena sebuah penyakit.

kesiapan nya untuk tetap berada disisi sakura, dan menyanggupi segala permintaan gadis tersebut, mulai dari hal-hal kecil hingga yang dapat menyinggung hati haruki sendiri telah ia lakukan demi meringankan beban nya.

suka-dukanya dengan sakura inilah sebuah proses dalam diri haruki yang lambat laun akhirnya mengubah hati cowok tersebut, karena interaksi antar manusia itu merupakan hal yang penting.

bahkan ada 1 quotes yang dapat saya tarik pada review kali ini yakni “manusia itu ada dan disebut manusia karena mereka saling berinteraksi dengan sesamanya” . jika hal ini keliru mohon teguran nya.

akhirnya haruki menyadari kalau sakura lah yang orang pertama yang menyelamatkan hidupnya dari keterpurukan, dan ia yang lebih membutuhkan sosok sakura, walaupun pada dasarnya sakura juga membutuhkan kehadiran haruki di sisinya di saat-saat terakhir.

jadi kesimpulan besarnya. proses yang mereka jalani dengan tujuan untuk menjalin sebuah interaksi dengan orang sekitarnya dan menikmati hidup dengan waktu yang ada.

ceritanya sejalur.

lalu yang tak kalah saya perhatikan selanjutnya ialah bagaimana cerita anime ini berjalan, dimana perjalanan antar karakter menjalani hari-harinya begitu halus diperlihatkan, karena tidak ada skip-skip yang tidak penting, dan minim sekali lompat kesana-kemari untuk mengisahkan orang lain, terutama orang terdekat sakura dan haruki.

jadi untuk teman-pembaca yang biasanya sering nonton anime movie berujung gagal paham, akan merasa lega karena ceritanya sejalur dan hadir begitu sederhana tidak seperti anime bertema time travel yang sedikit banyaknya akan membingungkan pemahaman penonton nya sendiri.

beberapa hal tidak dijelaskan secara rinci

ini saya rasakan menyangkut tragedi besar yang sudah diperlihatkan diawal cerita, apa yang menjadi pemicunya sama sekali tidak dijelaskan secara rinci.

walaupun demikian sisi positifnya menurut saya untuk menjadikan nya hal yang misterius tersebut menjadi sebuah rahasia yang tak pernah terbongkar, mungkin juga ceritanya agar para penonton nya membuat persepsi sendiri di balik peristiwa besar tersebut.

satu lagi yang gak kalah penting: apakah mirip dengan shigatsu wa kimi no uso ?

bisa iya, bisa juga tidak , karena yang dipikirkan penonton nya pertama kali memahami ceritanya langsung beranggapan mirip dengan shigatsu wa kimi no uso.

Artikel Lainya:  Review shingeki no kyojin season 2 | walaupun hanya 12 episode tetapi tetap patut disyukuri

persamaan nya mungkin terletak di posisi heroine nya sebagai orang yang menginspirasi kehidupan karakter utamanya di musim semi kala itu, dan menyelamatkan nya dari keterpurukan.

lalu yang kedua keadaan heroine yang sama-sama memiliki penyakit, dan bagaimana dengan sisa waktu yang ada dapat menikmati waktu dengan sosok cowok yang dipilihnya sebagai orang terpilih untuk menemani hari-hari spesial tersebut.

lalu perbedaan nya yang paling kentara terletak di pembicaraan, di SWKNU ( singkatan nya ), karakter utamanya dan sang heroine membicarakan, impian, masa depan yang ingin diraih,serta hal yang terbaik yang dapat dilakukan.

di kimi no suizou wo tabetai lebih berat ke pembicaraan dan kegiatan sehari-hari karakter utama dan heroine nya serta berbagi pandangan tentang kematian yang merupakan takdir setiap orang.

lalu perbedaan yang paling gak kalah penting terletak di eksekusi endingnya.

dimana yang satu sesuai dengan perkiraan namun didramatisir dengan baik membuat moment nya sangat membekas, namun yang satu tidak sesuai perkiraan di awal tanpa ada penjelasan yang lebih rinci, karena ceritanya memang fokus di bagian membangun hubungan kedua karakter.

Kesimpulan

dari review diatas, saya memang tidak mau membahas lebih dalam tentang penyakit pankreas yang dialami sakura, serta menafsirkan arti dari sebuah kalimat ” aku ingin memakan pankreasmu” yang menjadi judul utama.

karena jujur, saya sulit menjelaskan judul anime nya dengan ceritanya, dan apa kaitan nya.

diatas saya menilai dari segi hubungan 2 orang yang intens yang mencoba saling berbagi kehidupan.

selebihnya saya menilai eksekusi cerita yang sedikit mirip dengan beberapa anime lain.

dan jika teman-pembaca yang belum nonton ingin tau lebih dalam mengenai anime movie ini, sebaiknya langsung menonton saja, dan jika telah usai menonton nya, maka sekali lagi simaklah artikel ini untuk memahami beberapa point penting diatas.

karena saya tak mau membocorkan cerita,dan tak mau lagi ada korban jatuh terkena spoiler kimi no suizou wo tabetai.

dengan berbagai opini yang telah saya sampaikan diatas, Maka sekali lagi saya rekomendasikan anime Movie Kimi No Suizou Wo Tabetai jika ingin menonton animasi jepang yang menceritakan hubungan 2 sosok remaja yang menikmati hidupnya. ^_^ .

Review Anime Movie Kimi No Suizou Wo Tabetai

Mari Bagikan !!! ^_^

 

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]