Review Anime Kishuku Gakkou No Juliet  |  Cinta Yang Tulus Namun Terhalang Karena Status

Review Anime Kishuku Gakkou No Juliet | Cinta Yang Tulus Namun Terhalang Karena Status

Ketika Mood saya menulis enggak datang-datang, disitulah saya pribadi merasa sedih, padahal kalau direnungkan sejenak, sebenarnya banyak sekali ide insipirasi yang mau saya cetuskan dalam tulisan, tentunya semua itu tentang anime.

salah satu ide tersebut yang menjadi topik artikel kali ini adalah ulasan dari anime Kishuku Gakkou No Juliet, alasan utama mimin sempat menonton anime ini karena terpesona dengan penampilan sang heroine yang diketahui namanya si persia, dengan rambut blonde nya, dan yang buat saya gak habis pikir alisnya juga ikutan pirang wkwkw.

kembali ke pembahasan, selain alasan-alasan diatas, sebenarnya apalagi sih yang memperkuat Kishuku Gakkou No Juliet harus teman-pembaca tonton di kala waktu luang ?

oke, saya akan menjelaskan nya di beberapa point yang memeberikan pengaruh cukup besar pada ceritanya, bergenre utama school, romance-comedy di dalamnya, berikut ini adalah review dari anime Kishuku Gakkou No Juliet, YUP inilah sinopsisnya:

Sinopsis:

di sebuah akademi dahila, merupakan sekolah asrama yang terbagi menjadi 2 kelompok besar dari negara yang berselisih namun dalam satu naungan, murid asrama ‘black dog’ berasal dari negeri touwa dimana unsur kebudayaan dan peradaban nya berat ke timur ( terutama jepang).

lalu siswa-siswi dari ‘white cat’ yang sama memiliki sebuah asrama di akademi dahila, dimana mereka merupakan anak keturunan negara atau kerajaan west dimana adab-budaya ala eropa.

dalam sejarah. keduanya memiliki kisah perseteruan panjang dan konflik yang tiada hentinya, hal ini berpengaruh ke dalam para anak sekolah dari SD hingga SMA.

salah satu rivalitas terberat persaingan adalah Romio Inuzuka dari black dog dan juliet persia dari white cat.

namun semuanya berubah karena suatu hal yang dirasakan romio tentang isi hatinya, dimana ia diam-diam mencintai rivalitas beratnya, dalam suatu kesempatan ia mengungkapkan perasaan nya dan meyakinkan persia mengenai isi hatinya begitu tulus.

dalam waktu singkat keduanya pun menjalin kasih, namun di depan umum mereka harus menjaga image dan privasi masing-masing sebagai lawan saing dan musuh, dimulai dari sinilah keduanya harus memainkan sandiwara cinta pura-pura benci terjadi.

first impession: cinta penuh sandiwara tapi versi kebalikan nya

jadi apa teman-pembaca tau judul diatas, dimana saya katakan versi kebalikan nya, dan bagi yang suka anime romance – comedy. tentu teman-pembaca merasakan sesuatu kalau kishuku gakkou no juliet seperti mirip yang terkenal itu.

Artikel Lainya:  Review SPESIAL kumou no muko yakusoku no basho [movie]

YUP, apalagi kalau bukan nisekoi, yah memang hanya sekilas miripnya, hanya dari segi sandiwara yang keduanya lakukan demi kepentingan masing-masing. dimana anime ini menerapkan versi kebalikan nya nisekoi , dimana si romio dan persia pada dasarnya itu cinta, namun karena status dan keberadaan orang di sekitarnya , keduanya harus melakoni akting pura-pura benci dan saling serang sebagai musuh.

tentu berbeda sekali dengan nisekoi, dimana yakuza vs mafia, disaat kota dalam keadaan genting, malah anaknya dijodohin agar kedua pihak damai, lalu terjadilah benci namun di depan kedua pihak harus kelihatan mesra.

cinta yang tulus namun terhalang karena status

apa mungkin hanya saya saja kah yang merasakan ini, dimana hubungan romansa antara romio dan persia dalam ceritanya memang bisa dikatakan so sweet banget.

ketika awalnya jadian harus memainkan peran sandiwara penuh pura-pura di depan umum, namun ketika di belakang kadangkala romio dan persia saling meluangkan waktu untuk saling bertemu walau yah kadang-kadang hanya untuk saling berbicara hal sepele.

namun teman-pembaca harus percaya sama saya: si romio sebagai cowok saya akui gentle banget dimana ia mengerti betul bagaimana ia menghargai sosok gadis yang ia cintai.

dan sebaliknya, dari sisi persia siapa sangka, seorang cowok yang ia anggap sebagai musuh abadinya dan menjadi rivalitas terbesar dalam hidupnya.

namun ketika romio memperlihatkan sosok yang sebenarnya dan memiliki cinta kepadanya, disinilah benih-benih perasaan hadir ke dalam hati persia.

sang cowok rela melakukan apapun dan memberikan pengorbanan yang besar,walau kadang sebuah hadiah dari seorang romio nilai nya itu gak seberapa.

namun jerih payahnya inilah yang dinilai gadis berambut blonde tersebut. bahwa ternyata ada satu sosok musuh ternyata menyayangi seorang gadis bernama persia juliet. ketulusan pun hampir hadir di sepanjang kisahnya.

namun status mereka sendiri sebagai pemimpin kelas antara black dog dan white cat, justru menjadi jurang pemisahnya, dan cobaan berat yang menjadi sebuah masalah utama dalam seri ini.

bagaimana romio dan persia selama beberapa waktu bisa bersama , walau hal tersebut istilahnya seperti melawan “kekuatan Alam”.

gabungan atara berandalan, anarkis hingga saling tuding.

disamping hubungan romansa antara romio dan persia sebagai inti ceritanya. Kishuku Gakkou No Juliet juga memperlihatkan bagaimana masalah-masalah yang ada antara negara touwa dan negara kebangsaan barat yang membuatnya tidak pernah akur, dan diperlihatkan betul di dalam akademi sekolah gabungan antara black dog dari touwa dan white cat dari bangsa barat.

Artikel Lainya:  [Review] dan cerita anime Fullmetal alchemist:brotherhood | lebih dari sekedar petualangan elric bersaudara mencari tubuh yang hilang

para siswanya dari kecil sudah ditanamkan sebuah doktrin mencintai negeri kelahiran nya,dan menanamkan kebencian dengan negara sebelah. apalagi menanamkan sebuah paham kalau orang dari touwa akan selamanya menjadi musuh bangsa barat, dan begitu juga kebalikan nya.

walau sekolah menyatukan mereka berdua dari bangsa yang berbeda, namun itu bisa dikatakan hanya sebuah formalitas semata.

dimana saling mengklaim salah satu pihak mengaku yang terbaik dan paling kuat di segala bidang, sering adanya perkelahian antar kelompok yang menjadi sebuah ciri khas dalam anime satu ini.

dan yang gak kalah greget nya saling tuding menuding untuk suatu kasus ( saya agak lupa kasusnya yang ini) yang cukup rumit.

dan satu hal lagi: Kishuku Gakkou No Juliet sepertinya memperlihatkan dengan persis kalau kekerasan untuk menyelesaikan setiap masalah merupakan hal mesti dilakukan.

jadi ingat nih, jika sebuah kekerasan yang terjadi di sekolah mengingatkan dengan anime beelzebub. jujur sih anime ini memang sedikit ada mirip-miripnya ( bagi teman-pembaca yang kebetulan nonton keduanya tentu sadar dan gak asing rasanya )

mulai dari karakter gadis yang menggoda hingga Prefek yang melegenda

girl kishuku gakkou no juliet

sebenarnya apa sih nilai plus dari anime ini ketimbang anime romance – comedy sejenis ? bisa dikatakan gak terlalu istimewa sih, mungkin menurut saya ini sedikit harem namun melawan arah arusnya.

yah sekali lagi saya katakan melawan arus, dimana hadir beberapa karakter supporting yang membuat seri ini semakin hidup, dimana mereka para gadis ini memiliki pesona yang menggoda.

namun apa daya, ternyata si MC memiliki hati yang teguh dengan pendirian dan isi hatinya, yang membuat romio hingga akhir 12 episode tidak berpaling dari cinta setia dan tulus kepada persia.

namun di sisi lain, anime ini memperlihatkan “sisi gelap” dalam akademi gabungan tersebut.

Artikel Lainya:  Review little busters! EX

yah sosok organisasi prefek yang diketuai orang paling disegani black dog dan white cat. dan mereka memiliki wewenang tinggi dalam hal masalah keamanan dan hukum para siswanya.

dimana masuk ke 3/4 ceritanya, romio harus berhadapan dengan prefek yang ia anggap sangat menakutkan dan mengganggu kelancaran hubungan nya dengan persia.

mulai bagian ini sepertinya cerita dramatis memainkan peran nya membuat yang nonton akan memberikan rasa simpatik dengan apa yang dirasakan si MC. dan ketika persia tau semua masalah romio.

ia pun harus mengambil tindakan terbaik yang berat demi kebaikan romio walau kadang keputusan itu malah bertentangan dengan perasaan MC.

namun setiap moment penyelesaian nya dan sandiwara di depan umum hingga akhir episode selalu sukses dibawakan oleh romio dan persia.

lagu OP&ED nya memuaskan

jika diingat-ingat, sudah lama saya nggak pernah menilai lagi sebuah lagu pembuka dan penutup dalam anime, namun sepertinya hal itu kembali lagi ketika mendengar lagu op & ed dari Kishuku Gakkou No Juliet yang sayang dilewatkan begitu saja.

untuk lagu Op nya berjudul Love with You by fripSide. lagu yang bernuansa ala barat, dan dari sini kelihatan lagu ini menggambarkan isi hati dari seorang persia juliet menilai isi hatinya. lagu yang gak disangka bakal dinyanyikan oleh fripside yang notabene lagunya kebanyakan untuk opening anime action.

lalu lagu ed nya dengan judul Itsuka Sekai ga Kawaru made by Riho Iida. lagu yang mendepskripsikan para para karakter gadis yang terlibat dalam ceritanya yang memiliki andil peran yang cukup besar.

kesimpulan

jadi secara keseluruhan , sebenarnya Kishuku Gakkou No Juliet pada dasarnya kisah yang ada di dalamnya fokus ke arah romantis dan komedi yang lucu ngakak hingga tebar pesona disaat yang bersamaan.

namun sayangnya saya diatas hanya fokus menilai anime ini dari segi romance semata, dan drama yang ada di dalamnya serta masalah utama yang ada di dalam cerita.

jika teman-pembaca mencari sebuah komedi yang ringan dipadukan dengan kisah romansa yang tulus di dalamnya, maka anime ini layak banget untuk teman-pembaca tonton. ^_^

Review Anime Kishuku Gakkou No Juliet