Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Spirit anime ID | Penyemangat Teman-Pembaca Nonton Anime Melalui Review

Review Anime Movie Koe No Katachi – Cukup Hati Yang Berbicara

 

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]

Mari Bagikan !!! ^_^

sebenarnya,saya ingin me review anime movie koe no katachi lebih awal ketika telah usai menonton,namun banyak tugas yang melelahkan buat rilisan review kali ini sedikit terlambat beberapa hari dari tanggal 3 kemaren.

untuk menonton anime movie ini saya butuh perjuangan keras mengejar waktu (ceritanya saya hampir tertinggal ^_^).

namun akhirnya sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu walaupun ngos-ngosan.gak ada kepikiran buat nonton sebelumnya,namun karena tayang di indonesia jadi tidak boleh dilewatkan begitu saja,seperti apa sih animenya.

kembali ke topik,koe no katachi adalah anime movie dari studio kyoto animation.perdana tayang pada tanggal 17 september (summer 2016).

menurut rumornya anime movie satu ini dijagokan dapat bersaing dengan salah satu anime movie fenomenal yang kebetulan perdana tayang pada musim yang sama (summer 2016),anime movie yang saya maksud adalah kimi no nawa.

namun realitanya koe no katachi hanya mendapatkan skor 9,0-1 saja di myanimelist,namun anime movie sebelah tadi bisa mendapatkan skor 9.3 dan menjadi menjadi pemuncak di myanimelist. (ketika artikel ini ditulis)

 Sinopsis:

koe no katachi atau a silent voice merupakan anime movie full drama yang menitik beratkan mengenai dilema ishida shouya dan nishimiya shouko selaku pemain utamanya.

kisahnya bermula ketika nishimiya shouko pindah sekolah ke SD kelas 6 , dimana ishida shouya bersekolah.

awalnya ia disambut dengan baik oleh para siswi,namun kehadiranya lama-kelamaan membuat jenuh.

risih dan bikin semak bagi para siswa-siswi di kelas tersebut,dan mulailah mereka melakukan perbuatan tidak menyenangkan seperti bully kepada nishimiya shouko,karena memiliki kekurangan pendengaran alias tuna rungu.

disisi lain,ishida shouya yang awalnya cuek-cuek netral dengan nishimiya,akhirnya ikut-ikutan membully dirinya karena shouya ikut terpengaruh dengan beberapa teman sekelasnya yang melakukan intimidasi terhadap nishimiya shouko.

namun apa yang dilakukan shouya benar-benar kelewat batas,hingga membuat nishimiya pindah sekolah.namun apa yang terjadi dengan nishimiya akhirnya diketahui pihak sekolah dan jadi masalah di sekolah tersebut.

akibat ulah shouya,teman terdekatnya pun membully dan mengucilkan dirinya karena kejadian tersebut melibatkan para murid 1 kelas.

cerita berlanjut ketika ishida shouya duduk di bangku SMA, diawali dengan rasa keputus asaan dirinya karena masa lalu yang buruk.

tak lama berselang ia bertemu dengan sosok seorang yang menjadi sumber penyelesalan nya,yaitu nishimiya shouko.

lalu,apakah pertemuanya dengan nishimiya akan berujung baik? atau apakah dirinya akan mengungakapkan penyesalan dan meminta maaf kepada nishimiya? sisanya segera ditonton,karena dari sini ceritanya kian menarik.

 Review

kalau boleh saya katakan,anime movie satu ini juga konsep dasar ceritanya mirip anime ano mita hana no namae wo bokutachi wa shiranai.kenapa bisa begitu?

karena sama-sama mengulang kisah masa kecil(kedua anime ini memilik rentang waktu berbeda saat masih kecil).

lalu kejadian buruk melibatkan sang karakter utama,membuat pertemanan mereka renggang yang membuat pupus bagaikan cermin yang retak atau gelas yang pecah.

Artikel Lainya:  High Score Girl Review { Summer 2018} " Cerita Game , Cinta Yang Beriringan"

sang karakter utama dicap pecundang oleh temanya sendiri hingga membuat si MC trauma berkepanjangan.

cerita sesungguhnya dimulai saat mereka duduk di bangku sekolah SMA,bedanya kalau di koe no katachi dimulai di musim semi,dan ano hana dimulai pada musim panas.

kali ini saya berikan gambaran kasar mengenai ceritanya (dijamin aman karena telah difilter walaupun bahasanya bakanlan ambigu).

detik-detik awal mengisahkan sosok ishida shouya yang kelihatan bangkrut penuh keputus asaan.lalu setelah itu dimulai flashback seperti yang saya sebutkan sinopsis diatas.

cerita mulai stabil ketika pertemuan ishida shouya dan nishimiya shouko secara tidak terduga,dengan perasaan canggung,shouya mencari-cari alasan agar dapat bertemu dengan nishimiya kembali,namun sepertinya hal itu menjadi sulit karena ada pihak yang menghalangi.

dalam kurun waktu yang sama,kisah pertemanan shouya di kala remaja saat SMA dimulai kembali setelah ia menolong seseorang.

setelah saling akrab satu-persatu baik teman lama maupun kenalan baru,mereka berada dalam situasi yang baik, namun karena suatu tragedi membuat pertemanan mereka berada diantara konflik satu sama lain.

kalau dilihat sekilas semua ini hanya karena kedekatan ishida shouya dan nishimiya shouko.kedekatan mereka berdua benar-benar diuji.

di tengah cerita,kedekatan mereka berdua mulai mendapat tekanan dari orang disekitarnya.mengenai shouya yang bermuka tebal tak menyadari bahwa tindakanya sangat memalukan.

dan nishimiya shouko juga dihalangi orang terdekatnya dengan apa yang dilakukan shouya benar-benar kelewat batas.

namun karena nishimiya adalah sosok gadis hati terbuka tidak menyimpan dendam,apabila orang lain yang berada di posisi nishimiya mungkin sudah tidak termaafkan dengan apa yang dilakukan shouya yang semena-mena.

ceritanya full drama yang mampu membuat penontonya mampu merasakan senang,sedih,tertawa,benci hingga menangis karena sebuah ikatan pertemanan.

lalu akhir kisahnya ditutup dengan rasa terharu shouya dengan apa yang terjadi di sekitarnya ketika festival budaya.

karena sesungguhnya shouya menutup hatinya alias anti-sosial karena rasa trauma di masa lalu.namun ternyata sosok nishimiya shouko mengajarkan para penonton bahwasanya orang yang melakukan kesalahan/paling merasa bersalah sejatinya masih berhak mendapatkan maaf dari korban.

dengan syarat pelakunya meminta maaf dengan setulus hati. inilah inti cerita yang saya dapatkan ketika nonton koe no katachi.

oke,untuk lengkapnya simak penilain saya dari segi story:

 story 9,4/10

sudah saya sebutkan diatas,bahwasanya koe no katachi mirip dengan ano hana dan kokoro connet mengenai drama kisah pertemanan.

namun bedanya,kedua anime ini menggunakan unsur supernatural agar kisahnya terasa nyesek alias sedih.

namun berbeda dengan koe no katachi,dimana ceritanya sangat relalistis banget,bisa saja dapat terjadi di dunia nyata,yang saya ketahui.

hal yang sering terjadi di dunia nyata dalam anime movie satu ini adalah mengenai membully dan di bully.dimana anime satu ini memperlihatkan penindasan di sekolah terkejam yang saya ketahui.

yang mampu membuat penontonya iba penuh simpati kepada nishimiya shouko selaku korban intimidasi karena ia siswi tuna rungu. lebih sakitnya teman-teman barunya tidak terima sekaligus membenci dirinya.

Artikel Lainya:  Review Anime Charlotte | Kemampuan Esper Para Remaja Yang Begitu Variatif

ketika cerita mengisahkan shouya dan shouko versi remaja,tidak ada pengulangan kilas balik lagi.cerita sudah mulai mengarah dengan apa yang akan terjadi selanjutnya,jadi tidak terlalu banyak mengungkit-ngungkit masa lalu.

tapi,walaupun telah remaja,selain nishimiya.mereka masih menyimpan hal yang mengganjal dalam hati atau hal yang tidak menyenangkan di masa lalu.

beberapa diantaranya bahkan mengubah image luarnya,untuk menutupi kekurangan saat masih SD.namun setelah disindir shouya.akhirnya mereka menyadari bahwa perbuatan tersebut tidak mengubah apapun,hanya menutupi saja.

dari awal cerita sudah diperlihatkan kehidupan shouya penuh penyesalan disertai keputus asaan.pacing ceritanya terasa lambat.

apabila teman-pembaca yang sudah nonton belum paham juga dengan cerita koe no katachi,saya hanya bisa katakan goodbye karena sesungguhnya sangat mudah dipahami.

kisahnya punya rute masing-masing,misalnya si mc dengan teman a,lalu teman b.selanjutnya teman c dan seterusnya.

namun yang menjadi tumpuanya adalah kedekatan shouya dan nishimiya.ceritanya mampu di dramatisir dengan sangat apik hingga mampu menarik ulur hati para penontonya.

hingga membuat saya menjadi emosional menyaksikan anime movie ini.

awalnya sih,saya merasakan ada yang kurang.karena ceritanya datar,dramanya dipadukan slice of life yang seru.

tapi tidak ada kejutan mendadak yang mampu membuat saya kaget+gregetan seperti nonton kimi no nawa (inilah fikir saya ketika nonton awalan hingga pertengahan).

namun saya dibuat keliru karena mendekati klimaks cerita,ternyata ada 2 hal yang mengejutkan dalam kurun waktu yang sama.yaitu ketika nishimiya shouko mengalami sebuah keputus asaan yang ujung-ujungnya menjadi hal yang buruk yang harus diterima shouya.

setelah kejadian ini,drama berada di puncaknya.karena di scene ini semua emosi para karakter tertuang,setelah sebuah scene penyelesaian masalah yang mampu membuat saya terkesima.

anime movie satu ini perlahan-lahan namun pasti menuju sesuatu hal yang baik.namun ketika sang MC mulai menyadari apa yang terjadi selama ini.

hingga membuatnya terharu karena keadaan disekelilingnya penuh nuansa persahabatan.anime movie satu ini sudah usai alias selesai.

mungkin teman-pembaca yang sudah nonton akan bergumam “loh,endingnya cuma begini aja,kan gak asyik”.

yah saya menyadari kekecewaan teman-pembaca karena endingnya bisa dikatakan gantung banget,penyebabnya antara 2,yaitu kedekatanya dengan nishimiya dan keretakan hubungan pertemanan dengan beberapa karakter yang belum sempat tersentuh alias belum ada penyelesaian yang baik sama sekali.(mereka adalah teman cowok shouya ketika masih sd).

sebenarnya sih koe no katachi mendukung banget dari segi romance.namun karena sang MC kagak peka dengan yang namanya cinta.membuat kedekatan mereka sebatas teman.

jadi nuansa romantis disini. cuma dijadikan sebuah kiasan/pemanis belaka agar dramanya mantul.hingga mampu memberikan pukulan telak kepada penontonya.

dan terakhir,koe no katachi banyak memberikan pesan moral kepada penontonya.yaitu menerima kekurangan seseorang.

rasa sakit ditindas,hukum karma,penyesalan,memperbaiki hubungan,indahnya pertemanan,merasa bersalah dan permintaan maaf/memaafkan seseorang.

 art 7,9/10

entah mengapa,art nya begitu kurang memuaskan,malah masih kalah dengan anime tv serial karya studio kyoto animation seperti hyouka,chuunibyou dan tamako market.

Artikel Lainya:  Review Anime Shingeki No Kyojin - Survival Dengan Level Yang Berbeda

saya tidak dapat berkomentar banyak.yang jelas animasinya kurang memuaskan.tapi saya kesampingkan hal tersebut karena memiliki kelebihan cerita yang penting,yaitu STORY.

namun bagi teman-pembaca yang ingin nonton anime dengan cerita yang berkualitas,saya sarankan segera tonton koe no katachi karena sesungguhnya cerita dalam anime movie tidak akan membuat jenuh,

 voice actress 8,3/10

para seiyuu pilihan dalam anime movie ini tidak terlalu buruk,karena suaranya penuh emosional.namun ada beberapa karakter yang gak cocok dengan seiyuu pilihan tersebut,namun sekali lagi no problem karena story nya menjadi unggulan.

 music 8,2/10

untuk music kurang ngena.apalagi lagu pembukanya malah terasa cemplang/gak cocok banget,terdengar rock n roll lagu khas amerika.judulnya adalah my generation by the wo.

lalu ending music berjudul koi wo shita no wa by aiko.detik-detik pertama lagunya terasa sedih,namun lama-kelamaan lagunya menjadi bernuansa slice of life.(entah mengapa lagu penutupnya kurang pas).

lalu BGM nya tidak banyak karena sering kosong,namun hanya di scene tertentu saja ditambahkan BGM yang notabene sebuah petikan piano.

 character 9,1/10

jujur.selain ceritanya menarik,karakternya juga tak kalah seru menariknya,sifat karakter menjadi salah satu unggulan dalam anime movie satu ini.

dimana mereka semua yang terlibat begitu emosional banget dengan apa yang terjadi di sekitarnya.(awalnya penilaian kali ini mau nulis panjang,namun banyak yang lupa)

genre 8,4/10

genre yang tertulis diatas adalah drama,school dan shounen.untuk drama sudah pasti ada karena anime ini sendiri ceritanya itu full drama.

untuk school kayaknya kurang setuju karena dalam kisahnya ishida shouya sering diluar jam sekolah (kalau flashback nya baru teras school).

untuk shounen saya setuju banget karena nanti diperlihatkan rivalitas sengit untuk membela orang yang sama dengan cara masing-masing.

namun sayangnya tidak tertulis diatas genre slice of life karena sesungguhnya anime movie satu ini menceritakan 2 sosok karakter secara mendalam mengenai kehidupan yang mereka jalani.

 

overall 8,55/10

 END

oke,artikel kali ini selesai cukup sampai disini,masih banyak lagi hal menarik lainya lagi yang tidak mungkin saya bahas seluruhnya,secara keseluruhan ceritanya oke banget.

cuma hanya 1 hal yang membuat saya merasa kurang banget karena tidak diperlihatkan sepanjang film nya.

sebenarnya ingin saya tulis di penilaian story,namun ini merupakan hal penting yang terindikasi menjadi spoiler.maka saya urungkan (jikalau teman-pembaca penasaran lebih,boleh bertanya nanti saya jawab)

lalu,setelah membaca review koe no katachi ini,apakah teman-pembaca berniat untuk langsung nonton,jika iya maka tunggu apalagi,segera tonton  sekarang juga karena koe no katachi merupakan salah satu anime drama terbaik sayang untuk dilewatkan.

cukup usai sampai disini,semoga teman-pembaca dapat merasakan hype yang oke dan first impression yang tak terlupakan ketika nonton koe no katachi. ^_^

Mari Bagikan !!! ^_^

 

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]