Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Review Anime Movie Kono Sekai No Katasumi Ni | Menarik diawal, Lucu Ditengah, Terharu diakhir

 

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]

Mari Bagikan !!! ^_^

satu lagi, anime movie dengan salah satu cerita terbaiknya yang berkisah tentang zaman peperangan dunia kedua di jepang dari rentang waktu era dekade 1920-an hingga dekade 1940 -an.

setelah sebelumnya saya mengulas anime kaze tachinu dengan tema waktu yang sama, entah mengapa anime bertema historical sejarah jepang dikala perang dunia kedua sangat menarik buat diikuti rekam jejaknya.

terlebih pesan moral utama anime sejenis ini lebih menekankan sisi slice of life nya untuk memberikan sebuah “tamparan” keras kepada kita di generasi modern yang sudah damai ini.

untuk lebih menghargai setiap detik kehidupan dengan melakukan kerja keras dan menjalani setiap kegiatan untuk selalu melakukan yang terbaik.

secara ringkas, anime movie berjudul Kono Sekai no Katasumi ni ( In This Corner of the World ) berkisah tentang Urano Suzu, pada bagian awal mengisahkan tentang dirinya sedari kecil bersama keluarganya dan melakukan beragam kegiatan-kegiatan mandiri dan membantu orang tua.

cerita sesungguhnya dimulai ketika ia akan dijodohkan orangtuanya untuk menikah dengan seorang pemuda, dimana pihak keluarga laki-laki mengenal ayah dan ibunya dan setelah pernikahan. suzu tinggal di kota kure .

semenjak pernikahan keduanya, urano suzu berganti nama menjadi Houjou Suzu mengikut keluarga suaminya dan ia memulai kehidupan baru di kota kure yang dijadikan sebagai kota pelabuhan militer.

First Impression: Menarik diawal

ketika diawal menonton ini, mimin hanya mencari secara random saja, dalam waktu 5 menit diawal menonton, Kono Sekai no Katasumi ni mampu menghipnotis saya untuk menonton perjalanan ceritanya hingga akhir.

dimana hal-hal menarik mengenai kehidupan urano suzu yang diperlihatkan sebagai gadis desa dan keterlibatan dengan orang di sekitarnya.

Artikel Lainya:  Review Anime Back Street Girl | 3 Orang Idol Gokudolls Seksi Berjiwa Pria Sejati

tampil begitu pendiam dan lugu, namun tingkahnya kadang linglung dan aneh, point inilah yang membuat sebuah film anime bertema sejarah abad 20 jauh lebih menyenangkan buat ditonton.

Lucu Ditengah

masih tak terpaut jauh, dimana sifat linglung dan aneh urano suzu ini mampu membuat lucu walaupun tidak sampai buat terbahak-bahak tapi saya yakin siapa saja yang nonton pasti dibuat tersenyum kecil oleh tingkahnya.

dimana tingkah lucunya mampu membuat keluarga mertua dan iparnya tidak habis pikir, mengapa mereka harus memiliki seorang menantu dan saudara ipar seperti ini, namun hal itu tak membuat mereka menyimpan dendam.

karena ketika suzu menjalani kehidupan bersama mertuanya, ia menjadi sosok istri sekaligus menantu yang sangat rajin dan berusaha untuk tidak merepotkan yang lain, namun kendalanya kemampuan nya masih dasar.

kemauan bekerja keras belum cukup tanpa diiringi dengan keterampilan handal dan urano suzu tampaknya memiliki kendala dalam mengerjakan sebuah pekerjaan kurang cekatan.

namun sosoknya yang mau melakukan hampir semua pekerjaan rumah inilah, yang membuat saya seakan hanyut dalam alur cerita kehidupan rumah tangganya.

dimana didikan nya dari kecil sangat berguna untuk menjadikan nya orang yang giat tanpa harus berpangku tangan dan baru melakukan sebuah pekerjaan ketika disuruh.

namun secara keseluruhan bagian pertengahan itu menggelitik banget disamping itu pesan moral kehidupan nya semakin intens.

Terharu di akhir.

perlu saya ingatkan kembali, ini adalah film movie yang berkisah di zaman puncak perang dunia kedua di jepang hingga masa-masa kekalahan jepang digempur sekutu tanpa syarat.

dimana semua sudah tau, perang itu merupakan tindakan bodoh yang menyebabkan duka tak berujung, dimana para prajurit yang maju di garis depan banyak yang meninggalkan keluarganya dan sanak saudaranya. baik sementara ataupun selamanya.

Artikel Lainya:  Review Anime Kimi To Boku 2 | Kelanjutan Kisah 5 Remaja Mencari Jati Diri

hal ini tak jauh berbeda dengan suzu dan shuusaku, dimana keduanya yang menjadi sepasang suami istri saling berjuang untuk tetap hidup dikepung dengan peperangan.

suzu yang berjuang dirumah menjalani hidup serba susah, serba sulit bahan makanan pokok, serba khawatir ketika serangan udara dari waktu ke waktu sering terjadi.

dan shuusaku harus maju ke garis depan peperangan bersama pasukan laut.

namun kehidupan heroine ini termasuk lumayan beruntung daripada orang lain yang jauh lebih menderita, jauh lebih susah.

dimana banyak diantara mereka kehilangan sanak saudara, harta benda, rumah tempat tinggal dan hal lain yang penting.

namun keberuntungan nya sulit diterima ketika sebuah tragedi besar mengubah kehidupan nya secara dramatis, dan itu membuat suzu hampir kehilangan harapan hidup karena ia menganggap dirinya pembawa sial dalam keluarga.

hingga akhirnya ia sekali lagi bangkit dari keterpurukan karena malu dengan keluarga suaminya dan orang terdekatnya masih terus berjuang sesulit apapun.

karena mereka yakin di balik kegelapan perang yang begitu pekat, masih ada setitik cahaya,secercah harapan untuk bangkit dari keterpurukan dan dapat menjalani kehidupan yang damai dan normal nantinya.

Kesimpulan.

anime movie ini sangat sara rekomendasikan untuk segera ditonton sekarang juga. dimana slice of life nya mampu menghanyutkan hati penonton.

namun tidak membuat mengantuk, namun justru deraian air mata yang mengalir jika memang menyukai anime tentang kehidupan yang mampu mengundang air mata.

disisi lain, historical nya mampu membuat kita merasa kilas balik kembali di masa lalu ternyata jauh lebih sulit dari masa kini. namun mereka tetap menjalani sebuah kehidupan sederhana seakan tanpa masalah.

serta sejarah kelam masa lalu dan kita sebagai penonton dituntut untuk menjadi para saksi bisu, karena sebuah kesempatan baik belum tentu akan datang untuk kedua kalinya ^_^ .

Artikel Lainya:  Air Review (Winter 2005) " Anime Dengan Cerita Yang Solid" Versi Anmey21

Mari Bagikan !!! ^_^

 

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]