Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Spirit anime ID | Penyemangat Teman-Pembaca Nonton Anime Melalui Review

Review Anime Movie Mimi Wo Sumaseba | Gadis Yang Menentukan Dan Mengejar Impian

 

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]

Mari Bagikan !!! ^_^

sekali lagi, tampaknya studio ghibli sukses mengambil rasa simpati saya, karena cerita dari animasi mereka tak pernah bosan mengejutkan saya, dimana seperti biasa.

untuk anime garapan mereka, saya tidak terlalu mencari informasinya secara detil, cukup judul dan gambar poster nya yang menjadi acuan saya untuk menonton.

karena saya yakin, cerita anime movie garapan mereka pasti bagus, namun setelah nonton salah satu karyanya yang berjudul mimi wo sumaseba ( Whisper of the Heart ), tampaknya saya diberi kejutan oleh ghibli mengenai anime ini.

dimana gambar poster nya melenceng jauh dari cerita yang sesungguhnya, membuat saya gak habis pikir atas kejutan ini.

secara ringkas mimi wo sumaseba berkisah tentang kehidupan sehari-hari tsukishima shizuku sebagai siswi kelas 3 smp, dimana ia menghabiskan banyak waktunya dengan banyak membaca buku-buku cerita fiksi.

hingga pada suatu waktu, ia memperhatikan daftar nama peminjam buku yang diselipkan di sampulnya, hingga ia tertarik dengan sosok bernama seiji amasawa.

dari situ ia mulai mencari kebenaran dan sosok orang tersebut, namun disisi lain, shizuku juga menjadi teman curhat sahabatnya menjadi tempat berkeluh kesah soal asmara yang melanda teman karibnya tersebut.

First Impression: hadir begitu memikat dan menghanyutkan.

belakangan ini, saya kerapkali melihat moment anime movie dengan nuansa hiruk pikuk kota yang serba sibuk, dan mimi wo sumaseba memperlihatkan betul bagaimana suasana kota yang sibuk terlihat begitu hidup.

dimana semua hal dituntut untuk serba cepat dan cekatan, hal ini saya cukup memperhatikan karena diawal-awal semua kegiatan berjalan cepat, lalu lalang manusia, kendaraan hingga masuk ke pelosok gang.

Artikel Lainya:  Review Anime Koi To Senkyo To Chocolate - Cerita Sesuai Judul

tsukishima shizuku selaku karakter utama nya, pada bagian awal mengajak penonton nya untuk berpetualang di pedalaman kota. dimana kegiatan nya semua di eksplor mulai dari rumah hingga sekolah sampai perpustakaan kota.

lalu yang memikat saya terlihat dari hubungan nya dengan kakak dan orangtua nya yang tampaknya biasa-biasa saja, namun saya merasa kesan nya terasa sangat harmonis.

membuat anime movie sangat inspiratif dengan melihat keluarga seseorang yang begitu damai.

dan intinya pada bagian awal ceritanya begitu menghanyutkan.

mulai dari pencarian seseorang hingga mengenal orang yang menyebalkan.

mulanya, shizuku penasaran dengan sosok bernama seiji amasawa, karena beberapa buku yang dipinjam nya sudah tertulis namanya di sampul buku daftar peminjam nya.

hal ini membuat gadis berambut pendek tersebut mulai tertarik untuk mencari-cari sebenarnya siapa sih si seiji amasawa.

namun, ketika suatu waktu ia menjatuhkan buku dan catatan lirik lagunya, disitulah ia merasa kesal, karena ada seorang murid cowok yang belum dikenal sebelumnya.

membaca isi buku dan lirik lagunya yang dianggap hal itu memalukan dan buat kesal.

namun lama-kelamaan shizuku baru tau kalau cowok tersebut dan seiji amasawa merupakan orang yang sama.

kisah cinta mulai melanda.

untuk pada bagian ini, sebenarnya bukan menyinggung langsung tentang kehidupan romansa shizuku, namun lebih berat ke teman karibnya harada yuuko, dimana shizuku menjadi teman yang cocok untuknya berbagi mengenai perasaan asmara dalam hatinya.

namun, disisi lain cowok gebetan si yuuko merupakan teman masa kecil shizuku dan sudah dekat dan akrab dengan shizuku, namun tanpa sadar sang karakter utama tidak peka perasaan kalau teman masa kecil nya menyimpan perasaan.

Artikel Lainya:  Review Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka [ Danmachi ]

ketika hari mengungkap kan itu tiba, seakan menjadi teguran keras seakan shizuku diberikan sebuah kaca, untuk bercermin dan intropeksi diri.

sebenarnya yang tidak peka terhadap hati atau perasaan itu teman masa kecilnya atau malah dirinya sendiri.

mirip dengan tsuki ga kirei dan just because namun versi kebalikan nya.

mimi wo sumaseba tayang pada tahun 1995, dengan durasi 1 jam 51 menit, tentu menjadikan nya salah satu anime masterpiece dengan cerita impian masa depan dan kisah percintaan.

lebih tepatnya, ketika seseorang bingung menentukan ke depan nya ingin melakukan apa, maka datang sosok seseorang yang memberikan pengaruh dan motivasi kepada sang karakter utamanya.

hal ini membuat si MC semangat dan berusaha keras memperjuangkan impian yang tentunya sesuai dengan kata hatinya.

tentu untuk anime seperti ini mengingatkan para anime lovers dengan tsuki ga kirei dan just because, karena kedua anime ini rilisnya kekinian.

namun saya yakin banyak diantara mereka tidak tau kalau seri pendahulu dengan cerita seperti ini sudah ada di dekade 1990-an.

dengan nuansa grafis klasik dan zaman kehidupan yang masih sederhana. mimi wo sumaseba menang dalam banyak hal.

dimana shizuku sang pelaku utama awalnya tidak tau nantinya mau jadi apa, semenjak mengenal seiji amasawa yang menjadi sosok mempengaruhi dirinya.

setelahnya dihadapkan dengan kebimbangan ingin menentukan apa yang harus ia lakukan dan mengasah bakatnya.

tapi tak berselang lama, shizuku akhirnya tau apa yang harus ia lakukan dan perjuangkan.

dan tinggal berusaha untuk mengasah kemampuan nya, apakah bakat yang ia sukai sesuai dengan kemampuan nya sebagai pemula.

di moment inilah shizuku mengalami jatuh bangun untuk mengusahakan nya, belum lagi terkendala mengenai nilai sekolah, fokus di kelas hingga teguran keras kakak dan orangtua nya membuat ia tertekan.

Artikel Lainya:  Review Anime Movie Nerawareta Gakuen | Cerita Bias, Namun Grafis Memukau

tapi sekali lagi, ia meyakinkan orang sekitarnya bahwa ia sedang menguji dirinya sendiri apakah bakatnya sesuai dengan impian di masa depan nya nanti.

dunia itu memang keras, namun tampaknya shizuku tak mau mengalah dengan kerasnya kehidupan demi seseorang yang memberinya sebuah jalan.

penutup

YUP, sepertinya hanya ini saja yang dapat saya ulas mengenai anime ini.

mungkin kesan nya terlihat rancu saya tulis, namun review ini lebih menekankan kesan saya menonton , dan bagaimana sudut pandang, cara berfikir hingga tindakan yang dilakukan tsukishima shizuku.

dimana saya lebih senang menulis review bagaimana karakter utamanya melakukan interaksi dan menghadapi berbagai masalah, semoga teman-pembaca puas menyimaknya hehe  ^_^ .

Mari Bagikan !!! ^_^

 

Mari Belanja Kaos Anime Di Toko Online kami:  Spirit anime ID Store ]