Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Spirit anime ID

Penyemangat Teman-Pembaca Nonton Anime Melalui Review

ohh
drama romance Sci-Fi shoujo

Review Anime HAL [ MOVIE ] | kisah Romansanya Yang Menghanyutkan Hingga Kejutan Yang Tak Terduga

Yah, sepertinya belakangan ini saya terkena penyakit nonton anime MOVIE dari rekan Kita Anmey21 yang beberapa judul diantaranta sudah dia review beberapa waktu lalu.

setidaknya saya pribadi sudah beberapa kali nonton anime tipe movie yang beragam. dan salah satunya adalah anime dengan judul HAL.

bisa dikatan, anime yang akan saya bahas kali ini merupakan tontonan yang menarik untuk diulas lebih jelas, berdurasi genap 1 jam, membuat HAL termasuk kategori anime movie dengan durasi yang pendek.

mengingat anime movie pada umumnya memiliki durasi rata-rata minimal 1 jam 30 menit lebih dan hal yang wajar jika sampai 2 jam lebih untuk mendapatkan porsi cerita pas.

yah karena kita tau lah anime movie itu sensitif dengan durasinya . terlalu ringkas namun ceritanya padat akan meninggalkan kesan nanggung di endingnya.

lalu dengan durasi 1 jam genap, apa yang bisa HAL ceritakan dalam kisahnya hingga saya tertarik untuk mengulasnya kali ini . nah karena itu disini teman-pembaca akan menjadi saksi dengan tulisan saya kali ini untuk menggambarkan isi kisahnya dengan seksama dan disertakan penilaian dan kesan secara pribadi penulis.

Sinopsis

semuanya berawal dari insiden kecelakaan pesawat yang menewaskan orang yang disayangi kakek Tokio, dan semenjak saat itulah ia meminta tolong kepada robot yang dimilikinya dengan codename Q01 untuk menjadi manusia.

dengan cara mereplikasi diri untuk menjadi HAL, seorang cowok yang menjadi korban kecelakaan pesawat tersebut dan meninggalkan kekasihnya kurumi yang terpuruk ditinggal selamanya oleh orang yang ia cintai.

dan Q01 yang berubah menjadi HAL ini berusaha untuk menghibur dan memberi harapan hidup kurumi yang telah pupus sebelumnya.

First Impression: kisah dimulai dari titik yang berbeda

jika teman-pembaca sering nonton anime, baik tipe tv series maupun movie. pasti sedikit banyaknya akan memperhatikan titik mulainya sebuah cerita.

Artikel Lainya:  [ Review SPESIAL kimi no nawa ] (movie) | Tentang waktu,ingatan dan tindakan yang mampu mengubah segalanya

jika pada umumnya dalam cerita tersebut memperkenalkan diri mengenai karakter utamanya, namun berbeda dengan HAL, karena memulai ceritanya dari sebuah insiden yang cukup mengejutkan. yaitu pesawat yang meledak.

saya berkata demikian karena diawal cerita yang harusnya dibawa perlahan untuk mengiring ke inti ceritanya, namun anime movie justru sebaliknya, membawa masalah utama di pembukaan.

hal ini membuat cerita yang dibangun diawal yang menjadi pondasinya terasa begitu anti – mainstream, yah hal ini merupakan hal yang wajar mengingat durasinya hanya 1 jam banyak efisiensi waktu yang diperlukan untuk meringkas ceritanya sepadat mungkin.

setelahya,fokus utama tentang penyelesaian masalah

mungkin saya gak banyak berkoar-koar disini mengingat ceritanya tidak terlalu terbelit-belit dengan setumpuk masalah yang ada di dalamnya.

namun yang harus teman-pembaca tau, HAL ini menyajikan cerita yang padat dan ringkas, jadi walaupun beberapa karakter yang ada memang hanya memfokuskan tentang HAL dan kurumi.

kita gak akan tau dan dibuat penasaran dengan barang – barang yang diperlihatkan,  saya sebut “kancing” yang kurumi buat.

bahkan untuk sekedar kilas balik hanya memperlihatkan moment sebelum tragedi memilukan itu terjadi, dan sedikit kisah HAL di waktu kecilnya.

teman-pembaca gak akan mendapatkan hal selain kedekatan keduanya, bahkan untuk melihat moment ketika keduanya pertama kali bertemu sekalipun.

walaupun demikian, ambil sisi positif nya saja . pertama cerita yang padat dan ringkas ditambah dengan 1 masalah yang dibenahi kedua karakter ke depan nya.

dijamin ketika teman-pembaca menonton nya tidak akan menguras otak untuk mencerna apa yang sudah terjadi.

robot yang mencoba memahami isi hati manusia

jadi ingat nih dengan Plastic memories, namun perbedaan terbesar disini sebuah robot yang berusaha untuk memahami isi manusia itu sesuatu yang terdengar luar biasa.

Artikel Lainya:  Review God Eater | Anime Survival dengan Main Character yang keren

ketika HAL dari robot yang gak tahu apa – apa mengenai kurumi , mencoba memahaminya, dan mencoba lebih mengenal tentang HAL manusia, dan belajar beradaptasi menjadi hal yang sesungguhnya.

namun semuanya mulai dekat ketika hal sang robot mencoba memahami kata-kata yang ada dalam sebuah “rubik”.

dari Rubik lalu pindah ke hati.

setiap anime akan mengekspresikan sesuatu apalagi menyangkut sebuah perasaan di dalamnya dengan cara masing-masing.

mungkin inilah yang menjadi point menonjol yang akan teman-pembaca dapatkan ketika menonton nya nanti ( bagi yang belum nonton ).

dimana keduanya dulu sebelum terpisahkan oleh mau menjemput, saling berbagi perasaan dan isi hati dari sebuah rubik yang berbeda di setiap sisinya dituliskan keinginan, ucapan, salam hingga doa di dalamnya.

kadang saya berpikir, kenapa harus rubik yang menjadi media pendekatan antara hal dan kurumi ?.

tak lain dan tak bukan demi membuat sebuah kenangan yang yang bermakna baik suka dan duka diantara keduanya.

dan bagian akhir, ditutup dengan sebuah kejutan dan ending yang tak terlupakan.

apakah teman-pembaca tau, mengenai perasaan saya mengenai HAL ini ketika selesai menonton ?.

bisa dikatakan saya mengalami kaget bukan main karena di bagian akhirnya yang merupakan puncak klimaks cerita menghadirkan kejutan luar biasa.

yang bisa buat saya terkejut sekejut-kejutnya, sungguh greget memang, jadi rasanya mimin seperti kena jebakan besar yang sangat mengecohkan.

kalau menilik dari kilas balik yang menjelaskan kejutan tersebut, memang semuanya masuk akal, tapi saya yakin hampir semua yang nonton anime ini gak akan mengira endingnya akan menghadirkan sebuah kejutan yang luar biasa.

karena dari awal ceritanya dibangun untuk fokus ke salah satu karakter yang membuat kita yang nonton akan fokus ke sisi karakter yang dimaksud. dari kedua karakter utamanya.

Artikel Lainya:  Review Anime Zetsuen No Tempest | Awalnya buat ngantuk namun akhirnya buat takjub

namun dengan cerdiknya semua diputar balik membuat saya setelah nonton HAL memasukkan nya ke salah satu anime mengejutkan dalam kisah yang hanya 1 jam saja. dan tentunya memberikan ending yang terbaik untuk semua.

bonus di bagian akhir: karakter utamanya mengingatkan dengan ao haru ride dan orange.

sebagai tambahan, jika teman-pembaca sebelumnya sudah nonton 2 anime yang saya sebutkan diatas, maka gak akan asing dengan penampilan hal dan kurumi.

karena keduanya mengingatkan saya dengan yoshioka futaba dan mabuchi kou dari ao haru ride.

juga antara takamiya hano dan naruse kakeru dari anime orange.

namun perbedaan HAL dan kedua anime diatas karena sang heroine lah yang berusaha menyelamatkan hati sang karakter utama cowoknya dari kesedihan yang menimpa keluarganya.

itu justru berbeda dengan anime movie ini.

udah gitu saja, yang jelas jika teman-pembaca mengenal saya sebelumnya, sering menyimak rekomendasi anime dan menonton anime dari daftarnya dan merasa puas dengan rekomendasi anime yang saya buat.

maka teman-pembaca yang belum nonton akan merasa puas dengan anime Movie HAL ini jika nantinya akan ditonton.

karena mimin pribadi akan merekomendasikan nya pakai kata “banget” spesial untuk teman-pembaca semuanya. ^_^

(Visited 163 times, 1 visits today)
Hanya Seorang Pemuda Biasa Yang Kebetulan Suka Nonton Anime ^_^