Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Spirit anime ID

Penyemangat Teman-Pembaca Nonton Anime Melalui Review

Review Anime Muv Luv Alternative: Total Eclipse  |  Lebih Santai Dari Spin Off Nya
action Mecha Military Sci-Fi

Review Anime Muv Luv Alternative: Total Eclipse | Lebih Santai Dari Spin Off Nya

Jika berbicara mengenai anime bertema action – survival yang cukup mumpuni, sepertinya saya harus mengakui muv luv alternative: total eclipse bisa menjadi rekomendasi yang mungkin untuk teman-pembaca tonton nantinya.

salah satu anime yang bertema peperangan bertahan hidup melawan makhluk rakasasa alien dari bulan awalnya, lebih akrab disini disebut “BETA”.

lalu selain hal diatas, apa saja sih yang membuat mimin merekomendasikan anime ini ?

jika teman-pembaca ada yang berbenak hati ingin menanyakan hal demikian, maka dengan senang hati saya akan menjawabnya , yah tentunya melalui ulasan review kali ini membahas tentang salah satu anime mecha – military yang begitu dramatis namun disisi lain ceritanya begitu santai diikuti:

sinopsis:

ini bermula ketika di tahun 1997 dimana kota kyoto masih menjadi ibukota negara jepang, mengisahkan tentang Takamura Yui yang masuk ke sekolah pelatihan pasukan pelindung ibukota.

dimana keseluruhan nya adalah para siswi cewek, mereka diajarkan bagaimana cara mengantisipasi melakukan perlawanan terhadap BETA,dan cara menggunakan robot tempur taktis, dan yang paling penting mereka harus bisa melewati moment 8 menit keadaan darurat diambang kematian untuk menyukseskan sebuah misi.

namun dalam setahun, siap tidak siap mereka akan dikirim menjadi para pelindung ibukota kyoto dan awal mula kehancuran ibukota tersebut dengan ditandai runtuhnya perlindungan di kyushu. dimana banyak korban berjatuhan, dan yui pun tenggelam dalam penderitaan.

hingga akhirnya 3 tahun kemudian ia dikirim ke alaska untuk melakukan misi militer perdamaian atasnama PBB beraliansi bersama amerika serikat, uni soviet, russia hingga china melakukan kerjasama di bidang pertahanan .

dan inilah awal mula pertemuan nya dengan yuuya brigjes, seorang pilot penguji robot perang taktis yang akan dikembangkan pihak jepang dengan tanggung jawab penuh takamura yui sebagai seorang letnan.

first impression: ketika kekacauan terjadi, dan emosi harus terkendali

Review Anime Muv Luv Alternative Total Eclipse

dari awal, muv luv alternative: total eclipse lebih dominan memperlihatkan kisahnya mengenai takamura yui yang akan menjadi orang penting di seri anime ini.

dimana permulaan dirinya bergabung dengan sekolah pelindung pelatihan pasukan pelindung ibukota. yui dengan status anak bangsawan yang dihormati tentu memiliki beban yang berat dan dituntut lebih berat mengenai tugasnya adalah seorang pemimpin.

dimana keputusan nya ketika malam tragedi terjadi, sangat menentukan keberhasilan misi mereka atau tidak sama sekali.

dikala teriakan histeris,frustasi berlebihan untuk selamat, hingga nyawa yang melayang setiap saat, walau kekakauan terjadi disana-sini.

tampaknya yui dilatih mengeraskan hati sekeras baja, ia harus mampu mengendalikan emosi walau perasaan dikala itu sangat kacau, dimana bertahan hingga akhir dan menyusun strategi yang tepat tentu membutuhkan pemikiran yang tenang tanpa terpancing emosi.

Artikel Lainya:  Review To aru majutsu no index: Endymion no kiseki | keajaiban atau kemampuan,mana yang menentukan

disinilah yui kerapkali mengambil keputusan sulit dan mengabaikan korban yang sudah berjatuhan, bahkan orang terdekatnya sendiri.

namun mirisnya, jangankan untuk menyerang, namun untuk mempertahankan kota kyoto dari kehancuran BETA yang mengganas pun,markas utama telah runtuh duluan hingga takamura yui dan teman-temanya maju ke garis depan medan peperangan.

ALASKA, semua berawal dari sana

Review Anime Muv Luv Alternative Total Eclipse

selang 2-3 tahun kemudian ceritanya mulai fokus ke karakter yang asing diawal bagi kita, dialah Yuuya Brigjes, dimana ia ditugaskan di alaska dalam pangkalan militer amerika dan jepang dan mendapat tugas menjadi seorang pilot penguji untuk robot taktis TSF yang dikembangkan pihak jepang.

disinilah hubungan keduanya mulai intens, karena pertemuan pada pandangan pertama yang tidak harmonis, dipicu karena yuuya kesulitan beradaptasi dengan robot taktis yang akan ia uji jauh berbeda dengan versi robot taktis milik amerika yang secara garis besar lebih mudah soal pengoperasian dan navigasinya.

namun sisi baiknya, dalam waktu jangka panjang hubungan keduanya sebagai seorang bawahan dan letnan kian satu arah karena beragam kesulitan mulai menemukan satu titik persamaan yang penting.

yah , dasarnya yuuya merupakan keturunan amerika – jepang, dan pertemuan nya dengan sang letnan mengingatkan nya kembali, dan ia pun tak dapat memungkiri kalau dalam darahnya terdapat darah kesatria jepang.

dan karena sadar diri dengan kepribadian nya sebagai seorang blasteran amerika – jepang , dan mulai menerima masa lalunya yang kelam, akhirnya yuuya brigjes mampu melangkah ke depan untuk melakukan hal terbaik.

disamping itu, dari segi kekerabatan, muv luv alternative mulai memadukan hubungan solid antara para pilot yang dari berbagai masalah dengan masa lalu yang berbeda pula.

mulai dari tarissa si chibi dari nepal, stella dari swedia hingga VG dari italia.

mengenai beberapa karakter lainya, muv luv alternative secara santai memperkenalkan mereka mulai dari orang yang penting hingga sosok yang hanya dianggap sebelah mata.

bahkan di episode belasan, ada salah satu karakter pendukung yang dianggap gak penting namun statusnya sebagai batu lompatan, teman-pembaca bisa cek disini.

konflik antar negara terjadi, dan BETA pun beraksi

ketika kita sebagai penonton nya mulai terlena dengan bagaimana yuuya menggaet orang-orang baru yang ia kenal langsung akrab sekelas sahabat dan mulai memancing perhatian sang letnan untuk berusaha melindungi bawahan nya.

dan semuanya terjadi begitu saja. yah ketika alaska menjadi tempat bertemunya orang-orang dari uni soviet, russia, china, amerika hingga jepang. menjadi satu organisasi dalam naungan badan PBB , namun pada dasarnya mereka punya kepentingan masing-masing.

Artikel Lainya:  Review Anime Terra Formars Revenge | Manusia VS Manusia VS Terra Formars Di Planet MARS

dan faktanya dari segi hubungan diplomatik hubungan antarnegara tidak harmonis seperti yang dipikirkan dan terkesan alot.

ditambah kadang konflik antar negara sering terjadi, hilangnya rasa saling percaya kepada pihak lain, hingga saling sikut untuk keuntungan pribadi.

semuanya karena BETA yang menjadi musuh utama dikala manusia itu sendiri sedang dalam kondisi bermusuhan satu sama lain.

ketika sang raksasa penhancur dari langit itu berhasil menerobos pertahanan, dan usaha serangan secara militer dimulai.

namun sekali rasa ketidakpercayaan pun terjadi, menjadikan uni soviet dan pihak russia maju ke garis depan dan atasan mereka berkuasa penuh terhadap pelaksanaan misi tersebut.

banyak argumen egois yang terlontarkan, ketegangan di medan perang, bertahan diambang kematian , hingga serangan kejutan dan berakhir dengan hasil yang menakjubkan.

serangan kedua terulang kembali, konspirasi pun terdeteksi.

hanya selang beberapa episode saja, sepertinya muv luv alternative: total eclipse mulai fokus ke bagian lain, dimana sebagian besar ketika di alaska fokus bagian pengembangan, latihan hingga adu tanding antar robot taktis antar negara.

namun mereka belum bisa bernafas lega, karena BETA melakukan serangan kembali, namun banyak kejanggalan terjadi, dan kekacauan pun tak bisa terhindarkan. hingga kerugian pangkalan militer yang “ditinggalkan” .

namun sang letnan takamura yui mulai menyadari mengenai apa yang terjadi , dan mencium sebuah konspirasi yang menguntungkan sebuah negara demi kepenting oknum tertentu.

dan benar saja, “berlian” milik negara jepang yang sebelumnya sudah dipamerkan , kini nasibnya menjadi sebuah rebutan dengan cara sebuah serangan BETA kedua menjadi sebuah alasan.

disini teman-pembaca akan merasa emosional banget karena cerita berat memadukan drama, military, mecha, dan psychological yang buat hati gak karuan.

lebih santai di 3/4 cerita.

Review Anime Muv Luv Alternative Total Eclipse

saya sendiri sempat bingung diawalnya, namun akhirnya mimin hanyut dengan ceritanya di bagian pertengahan menuju akhir.

dimana pada umumnya pada bagian 3/4 cerita, biasanya kisahnya mulai masuk ke bagian seriusnya, namun muv luv alternative mampu memberi kelonggaran pada ceritanya lebih santai.

dimana moment, masa lalu, drama, persaingan, kekerabatan untuk saling mengenal, hingga romansa berjalan dengan perlahan.

di bagian akhir, ceritanya memuncak, musuh bukan hanya BETA namun manusia itu sendiri

serangan terakhir yang diprediksi antara episode 20 – 24 ini merupakan aksi pemberontakan para kaum bawah yang tertindas selama bertahun-tahun , mereka melakukan serangan balasan untuk memberi pelajaran kaum atas seperti apa rasanya tertindas.

Artikel Lainya:  Aksi junior untuk menaklukan sang senior | review hidan no aria AA

wah yang jelas di bagian ini rame banget, konspirasi terjadi lagi dan lagi, bekerja sama kadang hanya dijadikan dalih untuk kepentingan pribadi, menyusun rencana untuk memuluskan rencana gelap, dan parahnya kaum pemberontak menggunakan BETA sebagai ancaman kepada dunia, dikala mereka menuntut haknya.

namun sepertinya hal fatal terjadi, dimana usaha musuh untuk menuntuk hak kemanusiaan orang yang tertindas, namun tindakan pemberontak itu sendiri malah tidak manusiawi, dan banyak memakan korban jiwa yang jauh lebih parah dari prediksi.

disinilah peran takamura yui dan yuuya brigjes dan kawan-kawan mengatasi masalah yang disebabkan BETA dan manusia, mereka banyak mengalami kesulitan, bahkan kadangkala terancam karena kepungan musuh hingga kurangnya sumber daya energi.

moment kesana kemari nya benar-benar kerasa, karena moment kekacauan yang hebat mampu mengguncangkan pertahanan dunia terhadap serangan BETA.

namun semuanya berakhir dengan dramatis dan pertarungan yang menegangkan buat saya dan mungkin teman-pembaca sendiri gak habis pikir kenapa semuanya terjadi, dan tentunya ada beberapa kejanggalan yang terlihat namun belum terjawab hingga di akhir episode.

kesimpulan.

daripada bikatakan review, mungkin tulisan kali ini kesan nya seperti saya mau curhat gitu, dan maaf jika teman-pembaca merasa kurang nyaman karena kesan nya seperti mau membocorkan cerita.

tapi walau demikian sebenarnya ini bukan spoiler loh, karena nantinya teman-pembaca yang belum nonton dan ingin mencobanya, akan berbeda membayangkan nya nonton langsung dengan tulisan ulasan ini.

terlepas dari itu, muv luv alternative: total eclipse merupakan anime action,drama, sci-fi, military dan mungkin ada muansa psychological di dalamnya yang ;ayal teman-pembaca tonton.

dimana action – survivalnya memang gak terlalu kuat seperti versi spin off nya schwarzesmarken.

namun jika soal drama, sci-fi dan military anime ini kebangetan greget karena ada konspirasi antar manusia dan penguasa saling sikut untuk kepentingan pribadi hingga kepentingan negaranya sendiri.

serta pengembangan dan riset sebuah robot taktis yang diseriusin untuk menyempurnakan teknologi yang maju ke garis depan untuk melawan BETA.

namun nilai plus nya ketimbang versi spin off nya yang terkesan dark dan terlalu serius, muv luv alernative: total eclipse justru jauh lebih santai dan bersahabat, dimana moment persahabatan hingga romansa dan harem yang hadir secara bersamaan.

sepertinya itu saja deh, ntar kepanjangan bakalan membosankan teman-pembaca yang menyimaknya. dan jika ingin tanya-jawab karena penasaran lebih lanjut mengenai anime ini, kamu bisa berkomentar di bawah dan jangan sungkan untuk memberikan pendapat yah ^_^ .

Review Anime Muv Luv Alternative Total Eclipse

Hanya Seorang Pemuda Biasa Yang Kebetulan Suka Nonton Anime ^_^