Review Anime Movie Piano No Mori | Pianis Alam VS Pianis Formal

Review Anime Movie Piano No Mori | Pianis Alam VS Pianis Formal

Mari Bagikan !!! ^_^

Akhir-akhir ini mulai banyak anime lovers yang suka anime dengan genre utama music,hal ini kemungkinan karena anime bergenre music itu punya sensasi yang berbeda,

Kebanyakan anime music itu keren-keren dan bagus dari segi cerita dan pengembangan karakter.nah salah satunya ialah anime dengan musik klasik yang dimainkan oleh piano.

Wah,kalau mengatakan piano dan anime,sangat erat kaitan nya dengan nodame cantabile,salah satu anime romance-music dibalut comedy yang asyik ditonton.

Tentunya teman-pembaca masih ingat anime romance-music yang begitu fenomenal. menjadi salah satu penyebab anime lovers suka anime music klasik.yaitu shigatsu wa kimi no uso.

Yang endingnya itu loh.bikin siapa saja tak dapat menahan air mata.

Namun sayang,saya tidak membahas 2 anime tersebut dalam artikel kali ini,karena yang akan saya bahas adalah anime pendahulunya.yang sama-sama bertema piano dan sang pianis.

Namun berbeda dengan 2 anime diatas yang genre utamanya romance-music,anime movie menyangkut kalangan anak SD.

Judulnya ialah piano no mori.

 

Perdana tayang pada tanggal 21 juli (summer 2007),saya sudah nonton dari tahun lalu karena lagi mencari anime bertema music terutama piano.dan untuk keperluan review ini saya menonton ulang agar mendapat cerita yang detail.

Kalau diterjemahkan judulnya adalah piano di hutan.lalu,apa yang teman-pembaca pikirkan jikalau yang berhubungan dengan hutan? Seram,senyap,gelap dan menakutkan.

sepertinya hal-hal itu tidak ada dalam anime movie ini yang sifatnya ngeri.

 Sinopsis:

Piano no mori adalah kisah 2 sahabat yang akrab namun berbeda pendapat dan argumen mengenai piano.mereka adalah amamiya shuuhei dan ichinose kai.

Cerita bermula ketika amamiya pindah dari tokyo ke kota tempat neneknya berada,saat ia masuk sekolah di kota tersebut,amamiya tak sengaja menarik perhatian teman sekelas dengan kelebihan yang ia miliki.

atas hal tersebut.ia jadi merasa terancam,untunglah disaat terpojok ada yang menolongnya yaitu ichinose kai.

Artikel Lainya:  Colorful Review { Movie 2010} " Jangan Menyia-nyiakan Kehidupan

Mereka menjadi akrab setelah itu,hingga suatu ketika kai mengajak amamiya ke tengah hutan dimana piano buangan diklaim milik kai berada.

hal mengejutkan terjadi,ternyata piano tersebut hanya dapat berbunyi jika kai yang memainkan.setelah itu amamiya mengajak kai mengajak memainkan piano milik keluarganya.

 Review:

Jadi,dalam anime movie ini yang seru ialah ketika amamiya dan kai mengambil jalan masing-masing mengenai piano,amamiya serius memainkan piano bukan untuk main-main.

ia menargetkan untuk menjadi pro dengan meraih penghargaan pianis muda jenius melalui mengikuti kompetisi.

bahkan sebelum itu ibunya mengajukan permohonan kepada ajino sensei untuk menjadi guru pembimbing anaknya menekuni bakat seorang pianis,namun ditolak.

Masih dalam kecewa berat,amamiya malah mendapat kenyataan tidak menyenangkan karena ketika kai mengajukan permohonan untuk mendapat bimbingan belajar kepada ajino sensei.

malah diterima.hal ini membuat amamiya menjadi cemburu namun sifatnya tidak membenci.

Ajino sendiri menerima kai karena ia anak yang dipilih piano buangan miliknya untuk menjadi seorang pianis hebat tanpa pengetahuan maupun latihan yang cukup.

hanya mengandalkan menyatu dengan hutan sekaligus bermain dengan keceriaan penuh kerelaan hati.

Dalam anime ini,ada beberapa pesan moral yang sangat bagus untuk menginspirasi banyak orang,
Contohnya walaupun amamiya terlihat perfect kalau soal piano.

padahal dirinya masih menganggap belum ada apa-apanya dengan kai yang memiliki bakat alami sebagai seorang pianis,pelajaran nya ialah kita hanya seorang manusia biasa.

walau terlihat perfect sekalipun pasti ada yang jauh lebih perfect dari dirinya.jangan iri atas keberuntungan dan kelebihan orang lain.

contoh diatas adalah soal ajino menolak amamiya,dan malah menerima kai sebagai murid bimbingan nya.

Contoh lainya menjadi diri sendiri,dan jangan membuang/dicampakan sesuatu yang penting dalam hidup,sebelum hal penting tersebut giliran berkhianat.

  Story 9,3/10

Ini bukan hanya soal anime bertema piano sebagai musik,dan melibatkan mereka berdua,karena dalam ceritanya banyak hal positif yang dapat dipelajari.

Artikel Lainya:  Review Anime Charlotte - 13 Dan 1 episode Special Ga Cukup

coba lihat diatas,rating untuk All ages.jadi piano no mori bisa ditonton siapa saja karena ceritanya menggunakan karakter anak-anak agar lebih bersahabat bagi penonton anak-anak.

Disini diperlihatkan rasa bersaing yang kuat dengan argumen yang bertolak belakang.siapa yang akan jadi pemenang,baik terhadap penonton maupun para juri,semua akan dijelaskan ketika mendekati endingnya.

Dan terakhir,ada cerita sampingan yang menarik nih,disaat kompetisi berlangsung,kai bertemu seorang gadis yang sudah menyerah duluan sebelum  mencoba karena sudah merasa kalah dengan amamiya.

disinilah keren nya kai.ia disibukkan menjadi penyemangat gadis tersebut hingga waktu manggung nya tiba.kalau ingin jelasnya segera teman-pembaca tonton ,saya yakin pada suka.

 Art 9,1/10

Jujur,saya gak nyangka banget,bahwa yang mengadaptasi anime movie ini adalah madhouse.saya cukup asing dengan studio ini,tapi yang jelas karya mereka diatas rata-rata alias jempolan.

Grafiknya waah,bagus,saya nonton versi 720p nya begitu apik tanpa pencahayaan yang berlebihan,tampil begitu natural karena kota tersebut berdekatan dengan hutan,jadi nuansanya alami banget.

Disaat mereka memainkan piano,sudut pengambilan scene jauh lebih atraktif,hal ini memang terjadi di dalam anime music bertema piano kalau mereka sedang manggung.

Saya masukan piano no mori di quality art nomor 1 dan layak 3 besar nominasi anime movie dengan art terbaik tahun 2007 ( menjadi saingan nya 5cm per second soal art )

 

 Voice actress 8,3/10

Untuk para seiyuu mungkin saya tidak dapat berkata banyak,karena jajaran para pengisi suaranya tidak saya kenali,tapi secara overall oke,karena mampu menyesuaikan dengan peran para karakter yang cenderung suaranya berat.

 Music 9,4/10

Eitzzz,saya kasih nilai segitu bukan karena theme song nya,melainkan musik klasik yang dimain dalam piano mereka,beberapa yang ditunjukan ialah milik beethoven,chopin,mozart,mendelssohn dan lainya.jadi,jika teman-pembaca suka musik klasik.maka sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Artikel Lainya:  Review Anime Mashiro Iro Symphony - Melawan Arus

Anime movie ini hanya menyajikan lagu ending music,judulnya ialah moonshine~Tsukiakari~by nao matsushita.lagu yang ini nuansanya lebih mengarah ke slice of life.

 Character 8,4/10

Ini mungkin yang menjadi kelemahan nya,karena karakter pendukungnya terlihat kurang mengenakkan dilihat,terutama teman sekelas mereka.

Namun hal tersebut mampu ditutupi karena karakter mereka berdua tampil begitu dominan ditambah ajino sensei sebagai orang yang terlibat kembali dengan musik.

 Genre 8,2/10

Untuk genre cukup banyak nih,padahal anime movie nya tidak sekompleks itu,genrenya ialah Adventure,Music,Comedy,Drama,School,Seinen.

Saya bingung dimana sudut pandang anime movie ini yang sifatnya adventure,apakah datang ke tengah hutan dimana piano berada dapat dikatakan berpetualang.ENTAHLAH

Genre music sudah wajib jadi tulang punggung utama piano no mori,saya suka karena musik klasiknya banyak.

Comedy gak terasa,kecuali ketika kai salah nunjuk foto Mozart,padahal yang ditunjukanya foto beethoven.

Setelah music.drama juga tampil secara menyeluruh.para karakter juga dapat tertekan.nangis,tertawa,kecewa.semua tampil begitu apik.

School dan seinen hanya tampil sebagai pelengkap

Yang saya sayangkan tidak dicantumkan genre shounen alias bersaing dalam anime nya.padahal piano no mori mendukung hal demikian yang berhubungan dengan rivalitas,

 Overall 8,78/10

 Penutup

Review sudah kelar,masih banyak hal menarik lainya yang tidak saya tulis di dalam review ini.jadi sisanya saya serahkan dengan cara menonton langsung.

Dan terakhir,soal rivalitas mereka,siapakah yang akan menang,pianis yang menyatu dengan hutan atau pianis formal? Semuanya akan terunkap.

Yosh,terima kasih,telah menjadi saksi atas artikel saya ini,tetaplah setia dengan artikel yang akan datang. ^_^

Mari Bagikan !!! ^_^